Friday, September 21, 2007

Gagal Jantung


Gagal Jantung adalah kegagalan organ jantung untuk mengalirkan darah guna memenuhi kebutuhan metabolisme tubuh. Penyebab dari gagal jantung mulai dari kelaianan katub jantung bawaan, pembuluh darah koroner yang tersumbat, darah tinggi (hipertensi), kencing manis (diabetes melitus), kegemukan (obesitas), infeksi dari difteri, hepatitis virus C, bahkan karena obat (obat kanker). Gejala dari gagal jantung adalah sesak nafas, berdebar - debar, keterbatasan melakukan aktifitas (mudah capek), terbangun malam hari karena sesak nafas, tidur dengan bantal kepala tinggi baru lega bernafas, kaki bengkak. Pengobatan gagal jantung terutama adalah mengoreksi kelaianan yang mendasari gagal jantung. Obat yang lazim dipakai pada gagal jantung adalah obat untuk menbuang cairan dari badan agar beban cairan tidak menambah kerja jantung (pembuat kencing jadi banyak)dan obat penguat otot jantung (digitalis).

3 Comments:

Anonymous Anonymous said...

kmarin, kakek saya di vonis menderita penyakit gagal jantung oleh pihak dokter RS. Sentra Medika Cimanggis..
saya dan keluarga telah mengeluarkan dana sebesar 40jt untuk pengobatannya..
saya mau tanya dok, sebenernya penyakit gagal jantung itu memiliki presentase kemungkinan berapa persen untuk penyembuhannya..?

dan apakah penyakit ini bisa sembuh total..?

terima kasih dok..

September 3, 2008 at 11:15 AM  
Anonymous Anonymous said...

membaca seluruh blog, cukup bagus

December 30, 2009 at 10:17 PM  
Anonymous Anonymous said...

saya dah baca blog anda dok,dan semua itu ada pada bapak saya.ada yang ingin saya tanyakan ne dok,minggu lalu bapak saya dirawat di RS-UKI.karna bagian perut sampai bawah bengkak,dan dia sesak nafas.kata dr'reno' bagian spesialis jantung,jantung bapak saya katup'a yang sebelah rusak akibat terkena racun bakteri kata'a.tapi keesokan hari'a dia berkata harus bypass pasang balon/kateter,saya jadi bingung dok,yang saya ingin tanyakan apakah penyakit bapak saya harus di operasi dok?
klo memang ia,tindakan apa yang di lakukan untuk penyakit yang bapak saya derita ini?
terima kasih banyak sebelum'a dok.

June 3, 2011 at 5:19 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home