Friday, August 24, 2007

Hipertiroid

Hipertiroid adalah peningkatan dari hormon tiroid dalam darah. Gejala yang dirasakan adalah rasa gemetar pada jari tangan, lemas, jantung berdebar cepat, berkeringat bannyak walau berda dalam suhu yang dingin, badan semakin kurus walaupun makan masih dalam jumlah yang banyak, pada keadaan yang lebih lanjut lagi disetai dengan diare yang banyak sehingga menyebabkan dehidrasi.
Pada penampakan di daerah leher terkadang disertai dengan pembesaran kelenjar gondok.
Pengobatan yang diberikan adalah menurunkan dengan cepat kadar hormon tiroid dalam darah dengan obat anti tiroid.
Komplikasi dari hipertiroid pada yang lanjut dapat mengancam jiwa, sehingga pada gejala yang berat harus dirawat di rumah sakit.

14 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Dok, apakah penyebab hipertiroid? Saya baru diduga terkena hipertiroid dan sedang memnunggu tes T3 / T4, setelah 2 minggu lalu dirawat karena tipes & Demam Berdarah. apakah bisa diobati hingga tuntas atau akan menetap dalam tubuh an bisa kambur sewaktu-waktu? apakah saya bisa hamil lagi jika pernah kena penyakit ini? terimakasih dok.


Hetty jakarta
hettyhk@yahoo.com

February 7, 2008 at 7:11 AM  
Blogger Andiez blog said...

dok,nama saya andi saat ini usia saya 18 th, saya terkena penyakit hipertiroid, sudah sejak lama. yang ingin saya tanyakan, bagaimana cara pengobatan yang baik untuk menyembuhkan hipertiroid dan berapa lama jangka waktu pengobatan tersebut? apakah tergantung dari tingkat keparahannya? atau tidak? terima kasih!
Andi Mandela, Palembang

February 21, 2008 at 8:29 AM  
Anonymous Anonymous said...

dok, untuk mengobati penyakit hipertiroid tu bagaimana?
kalo dengan tumbuhan herbal itu apa aja?terima kasih

January 20, 2009 at 2:56 PM  
Blogger Unknown said...

dok,nama saya ulfa,20thun..
udah setengah tahun saya menderita hipertiroid karena penyakit grave's..sekarang saya sedang menjalanipengobatan dengan anti tiroid..stelah hasil lab terakir keluar,FT4 saya msh tetap tinggi..ada saran dari dokter saya untuk melakukan pemberian iodium radioaktif,apakah tidak ada efek samping yg berbahaya dari pengobatan ini?lalu saya juga membaca disebuah buku kapita selekta kedokteran kalau tiroid menyebabkan infertilitas..tapi kata dokter saya tidak ada masalah dengan itu,apa betul dok??saya mohon bantuan dari dokter..supaya saya bisa melanjutkan pengobatan..

February 1, 2009 at 1:26 PM  
Anonymous Anonymous said...

dokter..
saya penderita hipertiroid, usia saya masih 22 tahun. adakan cara lain selain pemberian iodium radioaktif dan mengkonsumsi obat ptu? apakah penyakit yang menyerang imun ini bisa sembuh? apakah penderita hipertiroid bisa sembuh total?

April 1, 2009 at 5:23 AM  
Blogger Yulia said...

Dok.nama saya julia saya menderita penyaki tiroid sudah hampir 4 th dan telah menjalani terapi dgn karbimazole dan sekarang sudah 3 kali dites sarah hasilnya normal ,sehingga dokter menganjurkan u/mengurangi dosis obat yg biasa saya konsumsi 3 kali sehari menjadi 1 kali sehari tapi gejala seperti gemetar ,lemas masih saya rasakan dan berat badan pun masih kurang,mata sayapun terasa linu dan bengkak besar sehingga selalu berair kalau bangun tidur.apakah saya bisa sembuh total tanpa gejala yang saya rasakan selama ini,apakah berat badan saya bisa normal kembali dan apakah mata saya bisa kembali normal dari pembekakannya ,dan apakah harus ada penanganan khusus untuk mata saya dok? Terima kasih.

June 3, 2009 at 1:58 PM  
Anonymous Anonymous said...

dok, sya hipertiroid dan prnh di tes "tsh" dn prnh jg dikasih thyrozol, trus gmn tu?

July 5, 2009 at 7:13 PM  
Anonymous dewi syaf said...

dok, saya terkena hipertiroid dari umur saya 21 tahun, sekarang umur saya 23 thn, tp gejala2 hipertiroid nya belum jg hilang, pdhl sy sudah bertahun2 minum tirozol dan minum ekstrak daun ciplukan. malah jantung sy makin tidak beres, makin mudah terkejut dan makin lelah. apa yg harus saya lakukan dok??? apa komplikasi lain jika terkena hipertiroid dok??? terima kasih dok

April 25, 2010 at 9:16 PM  
Anonymous Anonymous said...

dok saya ferry, saya menderita hiperthiroid sudah lebih dari 5 th dan selama ini saya hanya menggunakan obat neo-mercazole. T3, T4 saya dah normal tapi TSH nya tetap rendah.
Yang mau saya tanyakan, saya akan melaksanakan oprasi kelenjar thiroid, apakan setelah oprasi nanti saya sudah tdk perlu minim obat lagi atau tetap . soalnya saya udah bosan minum obat nya.

salam
fhariyanto@badaklng.co.id

July 5, 2010 at 11:25 AM  
Anonymous Anonymous said...

Dok,sy Ari umur 31 thn,didiagnosis hypertiroid jan'11 lab T3 T4 TSH.dok,apa mgkn symtomp hyperthyroid ini hny sbagian sj.krn yg sy rs hny tachycardia.berat bdn sy cnderung naik.dan apakah hypertyroid ini benar2 bs myebabkan gagal jantung? Terimakasih

June 24, 2011 at 12:06 AM  
Anonymous Anonymous said...

dok maaf mau tanya selain menggunakan PTU dan propanolol ada gak dok cara pngobatan lain

January 2, 2012 at 3:07 AM  
Blogger Belajar di Dunia said...

Salam,
saya wanita, 32 th, tremor di tangan, sy mencoba dengan meletakkan 1 lembar kertas di atas tangan, dan kertas tsb bergetar. Namun tidak ada gejala lain yg dokter sebutkan di posting (atas). Apakah ini juga termasuk keadaan hipertiroid? atau barangkali ada keadaan lain yang menyebabkan tremor ini. Mohon informasinya.

ps. percobaan kertas sy lakukan dlm keadaan sehat dan tidak sedang lelah atau setelah melakukan aktivitas fisik.

Terimakasih perhatiannya

February 26, 2012 at 10:51 PM  
Blogger Unknown said...

Saya bingung dg hasil lab dan pengobatan saya. Karena Dr spd kasih diagnosa tiap bln beda2.
TIAP BLN CEK T3 TSHS T4 KATANYA HYPER. BLN DELAN HIPO. LALU HIPER.
SDH SEJAK PEB 15.
OBAT KADANG PTU ATAU NEOMEECASOL ATAU EUTHYROX.
TIAP BULAN SELALU GONTA GANTI.
JADI SAYA MENDERITA SAKIT APA DOK???

December 15, 2015 at 6:53 PM  
Blogger Unknown said...

Terima kasih.

December 15, 2015 at 6:56 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home