Monday, October 8, 2007

Struma (Pembesaran Kelenjar Gondok)


Struma adalah pembesaran kelenjar gondok yang disebabkan oleh penambahan jaringan kelenjar gondok yang menghasilkan hormaon tiroid dalam jumlah banyak sehingga menimbulkan keluhan seperti berdebar - debar, keringat, gemetaran, bicara jadi gagap, mencret, berat badan menurun, mata membesar, penyakit ini dinamakan hipertiroid (graves' disease). Ada juga struma yang tidak menimbulkan gejala seperti itu bahkan tidak ada gejala sama sekali sehingga pasien datang berobat hanya karena keluhan merasa takut atau risih karena gondoknya membesar, hal ini bisa disebabkan oleh cairan tiroid (kista tiroid) dan kanker kelenjar tiroid. Struma juga bisa disebakan oleh asupan mineral yodium yang kurang dalam waktu yang lama (gondok endemik). Pemeriksaan yang dilakukan adalah mengetahui dulu status horman tiroid dengan pemeriksaan FT4 dan TSH, USG kelenjar tiroid dan scanning kelenjar tiroid. Pengobatan dari struma ini tergantung dari status horman tiroid (hipertiroid, eutiroid atau hipotiroid), dari USG apakah mengandung cairan (kista tiroid) dan dari scanning tiroid (HOT atau COLD) nodul.

8 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Mo tanya disini boleh ya dok;
Apakah gejala seperti berdebar-debar, gmetaran, berat badan menurun terjadi sebelum gondok kelihatan/membesar? Saya pernah mengalami hal spt ini tp sekarang baru kelihatan jelas ada pembesaran di leher saya.Sedangkan sekarang tidak ada keluhan spt itu lagi. Kalau saya ingin mengetahui apakah ini penyakit gondok atau bukan jenis pemeriksaan apa saja yg harus di lakukan?
Thanks!

October 8, 2007 at 5:44 PM  
Blogger Dr.Imran Nito (INTERNIST) said...

Keluhan anda ini sangat mungkin suatu penyakit gondok, pemeriksaan yang perlu dilakukan cek darah FT4 dan TSH dan USG Tiroid

October 9, 2007 at 1:06 PM  
Anonymous Anonymous said...

Pak dokter yg saya hormati,
Kekasih saya mengalami pembesaran kelenjar tiroid dan telah di scanning tiroid. Hasil yg didapat adalah cold nodul yg menurut dokter "x" harus dibedah agar tidak menjadi kanker. Pertanyaan saya tindakan apa yg musti dilakukan pasca bedah?? Apakah ada larangan2?? Dan menurut artikel yg ada di internet setelah kelenjar tiroid diangkat harus meminum obat setiap hari seumur hidup. Apakah itu benar Pak Dokter?? Mohon jawaban dari Bapak Dokter. Terima kasih.

September 17, 2008 at 11:16 PM  
Anonymous Anonymous said...

siang pak dokter,
saya punya saudara sepupu. dia ter kena gondok dalam sama gondok luar.
yang harus di operasi itu gondok dalam atau luar?
kami tinggal di surabaya, bisakah pak dokter, merekomendasikan nama dokter yang ada di surabaya. yang berpengalaman dengan penyakit gondok?
tolong di jawab secepatnya.
terima kasih

November 18, 2008 at 3:14 PM  
Anonymous Anonymous said...

,,Thanx buat iNformasinya ya dok..
(buat tugas kuliah)

March 29, 2009 at 3:57 PM  
Anonymous wati said...

sore pak dokter,saya mo tanya dok....sekita 2th ini kel thyroid saya membesar segede telor ayam. saya tdk merasakan gejala spt yg dokter tuliskan,setahun yg lalu saya udah cek ft4dan tsh hasil normal saya belum USG tiroid.dok kalo saya mau hamil lagi apakah boleh ? tolong sarannya ya dok terimakasih.

May 7, 2009 at 4:55 PM  
Blogger kakang prabu said...

Asw. Dokter, saya mo tanya. Adakah hubungan antara hepatomogali dengan batu empedu ? Klo mau diobati, sebaiknya yg mana dulu ? Pengobatan terbaik apakah hrs dg jalan operasi saja? Bgmn pengobatan dg cara alami atau herbal? Terima kasih seblmnya.

February 22, 2013 at 11:19 PM  
Blogger Poniran Wae said...

asw w wb,
Doter sy mautanya,apakah kanker struma bisa menjalar keseluruh tubuh dan menyebabkan pecahnya pembuluh darah.Dan gimana cara perawatannya agar volume kambuhnya bisa sejarang mungkin.Terimakasih Dokter

January 26, 2014 at 9:33 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home