Monday, August 27, 2007

Nyeri perut kanan bawah

Nyeri perut kanan bawah yang terjadi secara tiba - tiba dan tidak pernah terjadi sebelumnya, maka hati - hati dengan masalah usus buntu. terlebih lagi bila titik yang dirasakan nyeri itu pada titik "Mc Burney". Titik Mc Burney berada pada pertengahan antara umbilikus (pusar) dengan tonjolan tulang pada bagian panggul. Terkadang sebelum timbulnya rasa nyeri itu, timbul juga rasa sakit maag yang tidak kunjung selesai atau sering sekali sakit maag yang terjadinya hilang timbul, sehingga sering sekali berobat untuk sakit maag.
Tindakan diagnostik untuk mengetahui ini dengan cara pemeriksaan apendikogram.
Pengobatan yang definitif adalah operasi usus buntu.

7 Comments:

Blogger Dr.Imran Nito (INTERNIST) said...

Obat GERD adalah menurunkan derajat keasaman lambung,
perkuat otot sekat rongga badan agar asam lambung tidak balik ke kerongkongan, hindari makan bergas,
rokok, pakaian ketat, mempercepat pengosongan lambung.
GERD dapat disembuhkan, tetapi GERD juga dapat menyebabkan kanker pada saluran kerongkongan jika
terjadi pada waktu yang lama.

September 5, 2007 at 1:40 PM  
Anonymous Anonymous said...

Dokter, saya saat ini merasakan sakit perut bagian kanan bawah sakit ini akan semakin terasa apabila saya posisi ruku waktu shalat, mohon sarannya, saya kalo ingin memeriksakan sakit saya ini ke poli mana ya? mungkin ada obat herbal dok
terima kasih
Yuniawan Tri Cahyono
me@cahyono.web.id

September 10, 2008 at 12:40 PM  
Blogger ASLAM IBHAM P said...

Saya memang sudah mempunyai maag, namun rasa sakit pada hulu hati terus menerus belum hilang, jika diisi dengan makanan lebih dari 5 sendok maka terasa mual-mual bahkan sampai muntah,kira-kira saya mengidap sakit apa dokter?

December 10, 2008 at 9:44 AM  
Anonymous Anonymous said...

Kalau mau nyembuhin gerd, pakai pengobatan apa yah dr? Terima kasih sebelumnya

July 15, 2009 at 12:32 AM  
Anonymous Anonymous said...

dok, saya suka sakit perut nyeri sebelah kanan jika sedang marah2. . .

itu apa sakit nya dok? tlong share donk

June 10, 2012 at 8:17 PM  
Anonymous thesia said...

dok, saya suka sakit perut nyeri sebelah kanan jika sedang marah2. . .sehingga saya sering maaf( nungging) utk menahan sakitnya

itu apa sakit nya dok? tlong share donk

trimakasih atas penjelasannya

June 10, 2012 at 8:19 PM  
Blogger Unknown said...

Dok saya sering merasakan sakit perut di bagian kanan bawah.
Itu kira kira sakit apa ya ?
Tapi sakitnya paling lama 3-4 jam udah hilang.

Saya alerginya tinggi kalo menurut cek darah.

February 17, 2013 at 5:23 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home