Tuesday, October 23, 2007

Batu empedu




Batu empedu adalah batu yang terdapat dalam kantong empedu. Batu empedu dapat juga terdapat pada saluran empedu. Keluhan yang dirasakan pada awal sekali adalah rasa tidak nyaman pada lambung bila sudah makan, lalu pada perut kosongpun rasa tidak nyma tetap dirasakan pada tahap yang lebih lanjut lagi timbul rasa sakit pada perut kanan atas. Rasa sakit ini dapat mejalar ke pinggang kanan dan bahu kanan. Pada beberapa orang yang tidak terlalu memperdulikan rasa sakit di badanya, proses ini akan berjalan terus hingga terjadi rasa sakit hebat pada perut kanan atas disertai dengan keringat dingin untuk menahan rasa sakitnya (sakit ini dinamakan colic empedu), pada saat ini pasti sudah meminta pertolongan. Gejala lain yang terjadi pada keadaan yang berlanjut dapat timbul panas (terjadi penyulit infeksi), kuning pada mata dan kencing kuning tua seperti teh botol.

Penyebab terjadinya batu empedu ini berbagi sebab diantaranya kolesterol tinggi, infeksi pada sistem saluran empedu. Pada wanita lebih sering dari pada pria, gemuk dan usia subur.

Deteksi awal yang dilakukan adalh dengan pemeriksaan USG Abdomen dalam keadaan puasa agar kantong empedu mengembang sehingga mudah untuk dideteksi dengan USG.

Pengobatan definitif untuk batu kandung empedu dengan operasi pengangkatan kantong empedu beserta batu yang ada didalamnya.

2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

perkenalkan....nama saya izzah...
saya ingin mengetahui tentang hubungan diabetes mellitus terhadap metabolik sindrom.
terima kasih atas perhatiannya....

November 16, 2007 at 6:15 PM  
Anonymous Bandung Hotels said...

Maaf bu saya coba jawab.Hubungan antara keduanya adalah bahwa ada diabetes melittus yang berakibat atau menciptakan sindroma metabolik yang signifikan dan sebaliknya. Definisi Sindoma metabolik sendiri adalah kondisi dimana seseorang memiliki tekanan darah tinggi, kegemukan, kadar gula darah tinggi, dan kadar lemak darah tidak normal. Ketika kondisi-kondisi tersebut berada pada waktu yang sama pada satu orang, maka orang tersebut memiliki risiko menderita penyakit jantung koroner, stroke, dan diabetes.

Utk mencegah diabetes bukan hanya menghindari manis ato karbo berlebihan tetapi yang utama adalah makan teratur sesuai jadwal.Ibarat PPIC di pabrik, pankreas kita akan kerepotan bila pasokan ke pabrik dlm jadwal tidak beraturan, lama2 mengalami penurunan fungsi dan terjadilah diabetes.

Salam
Tresna

January 5, 2012 at 10:04 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home