Wednesday, December 5, 2007

Colic Abdomen


Colic Abdomen adalah rasa nyeri pada perut yang sifatnya hilang timbul dan bersumber dari organ yang terdapat dalam abdomen (perut). Hal yang mendasari hal ini adalah infeksi pada organ di dalam perut (mencret, radang kandung empedu, radang kandung kemih), sumbatan dari organ perut (batu empedu, batu ginjal). Pengobatan yang diberikan adalah penghilangan rasa sakit dan penyebab utama dari organ yang terlibat. Bila infeksi dari kandung kemih atau kandung empedu maka pemberian antibiotik, bila ada batu di kandung empedu maka operasi untuk angkat kandung empedu.

11 Comments:

Anonymous SiberMedik said...

Kalau Dif.Diagnosa dengan Kolik Causa Ileus Obstruktivus gimana?

December 5, 2007 at 2:57 PM  
Blogger Dr.Imran Nito (INTERNIST) said...

Pada Obstruksi rectal touche ampulla kolaps dan foto abdomen 3 posisi terdapat gambaran hering bone appearance dan dilatasi usus

December 6, 2007 at 12:24 PM  
Anonymous Anonymous said...

dok, kalo pasien datang dengan kolik abdomen, dalam 4 jam terakhir, seperti ditusuk2 menjalar ke belakang, tidak ada demam, ada muntah, bab & bak biasa. dari PF Tensi 100/60, nadi 120x/mnt,jantung paru tidak ada kelainan, abdomen cembung, tegang, BU meningkat, kira2 apa yah dok? pemeriksaan apa yang harus dilakukan? makasih dok atas sarannya.

March 23, 2008 at 10:09 AM  
Anonymous Anonymous said...

Dok, Ibu saya terjangkit Hepatitis B Akut, dianjurkan untuk minum Sebivo dan sdh berlangsung kurang lebih 5bln, sekarang dokternya menyarankan untuk test HBV-DNA, yang mau saya tanyakan, seberapa lama pengobatan yang harus dijalani oleh penderita Hep. B Akut? Sepertinya Sebivo tdk berpengaruh besar pada perubahan kesehatan si pasien, terkadang Ibu saya perutnya seperti membesar dan kembung. Adakah hubungannya dengan efek dari Sebivo?
Terima kasih sebelumnya utuk perhatian dan jawaban dari dokter.

April 25, 2008 at 4:01 PM  
Blogger Iyus' Blog Sukabumi said...

Dok. Kalau perutnya nyeri dan ada muntah serta diraba disekitar perutnya mengeras, apa itu juga kolik,apa obatnya ?

November 30, 2008 at 3:05 AM  
Blogger raka said...

dok biasanya gejala utama pada pasien dengan kolik abdomen seperti apa?

March 9, 2010 at 4:13 PM  
Blogger Elna said...

Dok, putra saya berumur 2 thn dan sulit untuk makan apalagi makan buah dan sayuran. Terkadang hanya mau makan nasi goreng dan bakso, kalau tidak mau ya hanya minum susu formula saja dan masih dengan botol.
Tetapi tidak jarang juga setelah makan dia bermain, berteriak, bahkan menangis sampai dia muntah dan mengeluarkan semua makanan yang dia makan. Apakah hal ini bisa disebut kolik Dok? Dulu waktu masih bayi dia tidak pernah seperti itu, paling-paling hanya gumoh saja.
Apa yang harus saya lakukan agar anak saya tidak mudah muntah? Tks

August 9, 2010 at 9:52 PM  
Anonymous gayuh said...

makasih sharingnya pak dokter

August 30, 2011 at 2:52 PM  
Anonymous Anonymous said...

dokternya ditanya gak jawab jawab, jgn jgn meninggal kena kolik hehe

December 17, 2011 at 10:21 PM  
Blogger Septi Anna said...

Kalau abdomen bu + meningkat itu artinya apa dok?

January 24, 2013 at 2:41 PM  
Anonymous Anonymous said...

Dok suami sy di diagnosa colik abdomen trus ginjaly ada kistanya.skrg d rumah masih sering kembung.yg sy tanyakan apa yg harus sy lakukan agar kembungy ilang? Dan colik abdomennya sembuh? Maasih sebelumnya

July 5, 2014 at 7:33 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home