Thursday, February 21, 2008

SIROSIS HATI



Sirosi Hati adalah kemunduran fungsi liver yang permanen yang ditandai dengan perubahan histopatologi. Perubahan histopatologi yang terjadi menyebabkan peninggian tekanan pembuluh darah pada sistem vena porta. Sebagai akibat dari peninggian tekanan vena porta, terjadi varises esophagus dan bila pecah terjadi muntah darah warna hitam (hematemesis).

Penyebab dari sirosis hati adalah infeksi virus hepatitis (virus hepatitis B dan C), perlemakan hati (fatty liver), peminum alkohol yang rutin dalam waktu lama, obat – obatan yang menganggu fungsi liver dalam waktu yang lama, jamu – jamuan, makanan dengan bahan pengawet.

Gejala dari sirosis hati tergantung pada tingkat berat sirosis hati yang terjadi. Sirosis Hati dibagi dalam tiga tingkatan yakni Sirosis Hati yang paling rendah Child A, Child B, hingga pada sirosis hati yang paling berat yakni Child C. Gejala yang biasa dialami penderita sirosis dari yang paling ringan yakni lemah tidak nafsu makan, hingga yang paling berat yakni bengkak pada perut, tungkai, dan penurunan kesadaran. Pada pemeriksaan fisik pada tubuh penderita terdapat palmar eritem, spider nevi.

Pengobatan dari sirosis hati adalah menghindari hal yang dapat memperberat fungsi hati, pemberian obat untuk melancarkan metabolisme hati.
Pengobatan yang paling definitif adalah tranplantasi hati, tetapi hingga saat ini kemajuan teknologi kedokteran dan penyulit yang terjadi pada penderita dengan sirosis hati, masih belum memberikan hasil yang baik.

35 Comments:

Anonymous Heru said...

Thanks dokter Imran atas penjelasannya!Namun ada yang saya mau tanyakan menurut dokter yang memeriksa penyakit sirosis tidak dapat disembuhkan, boleh kasih penjelasan lebih detail lagi gak dok untuk penanggulangan penyakit ini! trima kasih banyak dok.

April 7, 2008 at 4:07 PM  
Anonymous Anonymous said...

dokter, saya kez, punya keluarga dengan hepatitis terdeteksi 3 tahun yang lalu, dan sekarang kambuh lagi, dari hasil pem. laboratorium OT/PT tinggi, dan saran dokter yg memeriksa , kami melakukan pemeriksaan HBV DNA hasilnya virus aktif, trus kami dianjurkan untuk mengkonsumsi obat oral untuk mencegah berkembangnya Virus, stelah di konsumsi si pasien menyatakan kalo perut terasa sakittapi pengobatan tetap dilanjutkan lebih 4 bulan,dan sekarang malah hepar mengeras dan mengarah ke sirosis, varises esofagus, asites tidak ada, yang saya tanyakan apakah penderita sirosis hati mengalami keadaan yang seperti itu (rasa nyeri pada heparnya) dan bagaimana mengatasinya. trimakasih atas jawabannya dokter.

July 9, 2008 at 9:57 AM  
Anonymous Anonymous said...

dok..apa sirosis hati ini bisa menurun ke anak cucu nya?

August 24, 2008 at 5:40 PM  
Blogger Slim n Healthy Community said...

Dokter....

Ibu saya meninggal karena sirosis hati, dulu waktu syaa berusia 5 tahun Ibu saya pernah sakit dan diagnosanya Lever, gejalanya seluruh tubuh kuning. Tapi alhamdulillah bisa sembuh. Waktu itu juga karena saya masih "Menyusu" kepada Ibu saya, saya juga sempat tertular tapi langsung sembuh. Belakangan waktu saya berusia 23 tahun Ibu saya sakit dan dokter mendiagnosa terserang sirosis hati, Ibu saya mengalami pembengkakan sampai meninggal.

Akhir2 ini, saya suka lemas kalau sudah beraktivitas, suka cepat lemas. yang saya tanyakan apakah saya berpotensi untuk menderita penyakit serupa dengan Ibu saya? Apa yang harus saya lakukan?

Teriamkasih Dok...mohon jawabanya secepatnya. ini email saya : ika_fis02(at)yahoo(dot)com.

September 4, 2008 at 12:47 PM  
Blogger One Jaring said...

Salam,

Saya pernah melalui zaman itu tahun 2002, apabila saya di sahkan ada sirosis. Maka mata saya kuning, perut saya kembung, kaki membengkak dan paling mengerikan ialah terjadi muntah darah dan hilang ingatan.

Dengan izin allah saya dapat pulihkan hingga kini. Saya bersedia berkongsi pengalaman untuk mereka yang sedang bertarung dengan menghadapi musyibah tersebut. Namun bersabar lah... Banyak kan berdoa...
Wassalam

azman
Malaysia

October 15, 2008 at 3:28 PM  
Blogger cikgu azman said...

Salam,

Komen saya di atas bukan bertujuan menjual ubat namun sekdar kita boleh bertukar fikiran dan saling berkongsi pengalaman untuk sama-sama mengharungi musibah tersebut...
Kepada Allah kita berserah segalanya.

Azman
Malaysia.

October 15, 2008 at 3:34 PM  
Anonymous Anonymous said...

assalamualaikum wr.wb..
saya minta cara pengobatan yang bapak jalankan.karena sudah lama menderita sakit ini.

trims
wassalam
tolong balas email saya:

sarangenge@gmail.com

November 16, 2008 at 4:20 PM  
Anonymous Anonymous said...

doter....

saya pny pacar,ak ga tau dy skt ap,tp gejalany jika ia sdng pny mslh terutama mslh percintaan,bs d blng jk ia sdng sakit hti,perut dia trasa keram,smpai bs kluar darah dr mulut dan hidung,mmng pruty aga sedikit buncit...
thanks...

tlng d jwb via email ak
thanks before


heart_2488@yahoo.com

February 6, 2009 at 10:03 PM  
Anonymous Anonymous said...

dok,,saya punya adek yang say sayng banget,kita berdua gk mau buat kedua orang tua kita khawatir.adek kena sirosis hati karna mungkin terlalu banyak mengkonsumsi obat karna pnyakit komplikasi
say mw tanya dok,obt2an tradisional sperti jamu2an yang bisa menyembuhkn atau setidaknya memperlambat
terima kasih
Tlg bls ke alamat email saya yah dok

March 24, 2009 at 11:42 AM  
Anonymous Anonymous said...

ayah saya terkena sirosis 7thn lalu,akhir2 ini bertambah parah. keluar masuk rumah sakit,karena sering muntah darah.oleh dokter diberi infus albumin. dan lumayan membaik.belakangan ini 8bln sudah tidak pernah muntah darah. akan tetapi mengalami sesak napas dan hasil usg menunjukkan bahwa ada cairan di paru-paru. selain sirosis,ayah saya menderita diabetes.dan belakangan ini tinggi sekali (255). apakah yg menyebabkan paru2 ada cairan?diabetes atau sirosis nya?
bagaimana mencegah penularan sirosis ini?
terima kasih sebelumnya.
wesan76@yahoo.com

April 13, 2009 at 10:25 PM  
Anonymous Anonymous said...

Mertua saya kena sirosis, awalnya trombosit rendah (60), muntah dan sekarang sudah diobati dan tidak muntah. Dan diperbolehkan pulang dari Rumah Sakit Swasta di Ponorogo. Setelah persiapan mau pulang tidak mau makan, mungkin ada luka dilambung setelah beberapa lama asupan makanan dan obat diberikan lewat selang. Sekarang sedang berjuang melawan penyakit yang kelihatannya sakit sekali. Mohon pengalamannya rekan2 apakah hal tersebut bisa hilang sakit dilambung. Jika bisa makan apa bagus diberikan Buah Merah dari Papua. Mohon doanya semoga Mertua saya diberi kekuatan dan kesehatan. Amiin. Terimakasih sebelumnya.
fudin178@yahoo.com

April 17, 2009 at 9:11 PM  
Anonymous Anonymous said...

salam doc...saya ade buat pemeriksaan darah dan darah saya disahkan saye dae hep b.saya nak tahu perlu atau tidak saya memakan ubat atau sebaliknya

November 1, 2009 at 6:14 PM  
Blogger N.M.Y said...

Dokter,
bagaimana cara melakukan aktivitas sehari2 yang benar jika telah terkena sirosis hati.
kemudian bagaimana pola makannya yang benar,sipenderita baru seminggu dirawat yang ke-2 akibat salah minum obat(sehabis amputasi jari)yang menyebabkan BAB hitam.waktu yang dirawat pertama muntah darah 4x (MARET 2006)

December 23, 2009 at 11:31 AM  
Blogger Muhammad said...

Salam Dok,
Ayah saya menderita Sirosis Hati, beliau juga mengidap Diabetes. Saya mau menanyakan obat diabet apa yang aman ?
terimakasih sebelumnya..

January 14, 2010 at 6:57 PM  
Blogger TRANSFER FACTOR-BEKASI said...

penyakit terjadi karena lemahnya daya imun.
awi.4life@gmail.com

February 2, 2010 at 6:44 PM  
Anonymous Anonymous said...

Dok, ayah sy terkena sirosis,,,,,,kondisinya lemah sekali bahkan seperti orang kesurupan, lupa dan sebentar2 menangis. bolak balik mask RS, tp te2p tdk ada perubahan.apakah memang orang skit sirosis memang bgt dok? tp klo dilihat dr kondisi perutnya msh bgs....

March 2, 2010 at 2:14 PM  
Anonymous Anonymous said...

Saya seorang penderita SIROSIS HATI. Saat ini usia saya baru 37 Tahun. Sepertinya sakit saya ini akibat terlalu lama tubuh saya terpapar obat-obat kimia selama 4 tahun. Saat itu saya menderita Maag dan Tipus dan sering kambuh2. Selain itu saya juga sering mengkonsumsi obat-obatan tanpa Resep Dokter. Seringkali saya seperti hilang kesadaran dan sering lupa. Sering ngomong ngawur dan seperti orang setengah gila. Sejak sakit tersebut, Saya menjadi sulit berinteraksi dengan orang disekitar saya karena mereka menganggap pembicaraan saya ngawur dan sering membicarakan yang kurang bermanfaat. Setiap saya tersadar apa yang telah saya lakukan saya selalu menyesal dan menangisinya dalam hati. Apakah memang seperti itu akibat dari SIROSIS HATI ??
Apakah ini merupakan Kutukan dari Tuhan atas dosa2 yang pernah saya lakukan??

Yang saya harapkan adalah : Apakah Sakit ini ada obatnya?? kalau ada obatnya apa dan Bagaimana saya bisa memperolehnya?? Mohon Pencerahannya !!

August 11, 2010 at 4:51 PM  
Blogger TRANSFER FACTOR-BEKASI said...

Info kesehatan : "Keajaiban Sistem Imun & 4Life Transfer Factor USA" Molekul Ajaib Solusi Aman untuk Diabetes, Kanker, Asma, Sirosis,Jantung Koroner, Autis, dialisis, H1N1, flu burung, juga semua jenis penyakit Autoimun ( sel kekebalan tubuh yg overactive seperti Lupus, Alergi, Asma dll ).Semoga info ini bermanfaat bagi Anda, ...saudara Anda atau Teman2 yg membutuhkan. Terima kasih...

August 25, 2010 at 1:41 PM  
Blogger TRANSFER FACTOR-BEKASI said...

Info kesehatan : "Keajaiban Sistem Imun & 4Life Transfer Factor USA" Molekul Ajaib Solusi Aman untuk Diabetes, Kanker, Asma, sirosis,Jantung Koroner, Autis, dialisis, H1N1, flu burung, juga semua jenis penyakit Autoimun ( sel kekebalan tubuh yg overactive seperti Lupus, Alergi, Asma dll ).Semoga info ini bermanfaat bagi Anda, ...saudara Anda atau Teman2 yg membutuhkan. Terima kasih...0815.1000.2869

August 25, 2010 at 1:42 PM  
Anonymous Anonymous said...

halo dokter,

apa yang dokter tulis mengenai sirosis hati sama persis dengan apa yang dialami ibu saya.
pembengkakan di perut, muntah darah bewarna hitam atau varises exofagus, dan sering lemas.

ibu saya telah berjuang melawan penyakit ini sejak tahun 2004, waktu itu dokter di RSCM memvonis ibu saya terkena sirosis, sejak itu kesehatan ibu saya terus turun.

selama tahun 2009-2010 telah puluhan kali masuk UGD dan rawat inap.
akhirnya ibu saya menyerah di bulan juli 2010. beliau terkena stroke dan menyebabkan penyumbatan di batang otak.

sebuah kehilangan yang luar biasa, namun saya jadi tahu arti kesehatan yang sesungguhnya.

September 8, 2010 at 9:17 AM  
Anonymous Anonymous said...

Dear dokter imran...

kawan saya terkena virus hepatitis c yang akhirnya menyebabkan sirosis. Dokternya mengatakan bahwa pengobatannya harus salah satu dahulu, fokus menghilangkan virus dari darahnya atau menyembuhkan sirosisnya, apa benar begitu dok? Teman saya harus menyuntikkan obat 3x seminggu untuk menyerang virusnya. Berbahayakah jika penderita sirosis mengkonsumsi suplemen makanan sehat (bukan obat) untuk kesehatan liver seperti temulawak, spirulina atau gamat/tripang? terimakasih atas jawabannya. wishheart.arham@gmail.com

October 14, 2010 at 8:29 AM  
Anonymous Anonymous said...

dokter imran yang terhormat,

dua hari yang lalu nenek saya divonis positif terkena sirosis, dan sampai saat ini masih dirawat di rs dr.oen solo baru. nenek mendapat suntikan albumin, dan ternyata dapat diserap oleh tubuh beliau, sehingga masih bisa mengikat protein.

yang ingin kami tanyakan,
1. saat ini perut nenek membesar dan bila diraba terasa keras, rasanya seperti penuh. apakah penderita sirosis memang mengalami seperti itu? dan apa yang ada di dalam perut nenek yang membesar tersebut?

2. apakah ada obat atau jamu, ramuan tradisional, atau obat herbal yang bisa menyembuhkan atau setidaknya menyelamatkan nenek kami?

3. apakah selama hidupnya nanti nenek akan terus mendapat suntikan albumin?

4. benarkah ekstrak teripang bisa menyembuhkan sirosis?

atas jawaban dokter kami mengucapkan terima kasih.
desta.swar@gmail.com-087736337177

January 8, 2011 at 10:47 AM  
Anonymous Anonymous said...

Dokter imran yang terhormat,

Ibu kami seminggu yang lalu masuk rumah sakit, dan dokter yang menangani menyatakan bahwa beliau menderita sirosis hati.

Pada saat masuk rs, perut beliau kembung dan kakinya bengkak. Menurut dokter hal tersebut diakibatkan oleh kebanyakan cairan yang mengendap dalam tubuh, dan memang beliau mengalami kesulitan untuk buang air kecil (buang air kecil sedikit-sedikit.

Beliau oleh dokter diinfus dengan Albumin sebanyak satu botol. Setelah dilakukan tes darah, menurut dokter kadar albumin dalam tubuh beliau sudah mencukupi.

Namun sampai saat ini perut dan kaki beliau masih bengkak. Tidak ada penurunan dari mulai masuk rs.

Dan sekarang berdasarkan saran dokter, beliau sudah keluar dari rs dan disuruh rawat jalan saja dirumah.

1. Bagaimanakah usaha pengobatan yang harus kami lakukan?

2. Apakah sirosis hati memang tidak bisa diobati kecuali dengan transplantasi hati?

Mohon jawaban dari dokter.

arifuddin.hamka@gmail.com

January 20, 2011 at 8:53 AM  
Anonymous Anonymous said...

cuma sekedar memberi saran aja yah.. bagi penderita saya sarankan untuk mengkonsumsi PIEN TZE HUANG.. itu obat bisa digunakan unt mengobati liver..
mungkin dlm ilmu medis kurang diakui.. tp apa salah nya dicoba setelah pengobatan medis kurang memuaskan...
semoga bisa sembuh dan sehat kembali..

March 29, 2011 at 2:20 PM  
Anonymous Nitha said...

Papa saya bulan Januari 2011 yang lalu meninggal setelah dirawat beberapa lama di RS karena sirosis. Karena gejalanya seperti orang kecapean pada umumnya dan kurangnya pengetahuan tentang penyakit ini jadi keluarga kami tidak berpikir bahwa papa sebenarnya terkena sirosis.Untuk teman2 yg terkena penyakit ini jangan menyerah, Tuhan bisa beri mujizat. Bagi keluarga terus curahkan kasih sayang Anda sepenuhnya.

May 24, 2011 at 3:04 PM  
Anonymous KIE FAT said...

obat sirosis, bisa coba PIAN ZHE HUANG, bisa beli di toko obat cina, SILYMARIN bisa beli di toko obat. untuk virus hepatitis b bisa pake BARACLUDE 0,5MG... HIDUP SEHAT, MAKAN HARUS DIJAGA

June 28, 2011 at 1:17 PM  
Blogger Afiat Terus said...

Bagi Anda yang terserang hepatitis dan sirosis, dapat mengkonsumsi produk minuman herbal tradisional Afiat Terus (www.afiat.com). Ramuannya dibuat atas dasar pengalaman pribadi sang produsen. Suaminya Hepatitis B dan sirosis. Hingga akhirnya virus non-aktif dan liver kembali sehat (sirosis hilang). Tanpa bahan pengawet, tanpa perlu ditambahkan gula, siap seduh. Dapat pula mengatasi beberapa masalah yang lain (berdasarkan kesaksian pengguna langsung).

July 26, 2011 at 3:51 PM  
Anonymous Zahra said...

lngkp sihhh...
Tp mnurut que cara penularannya gak ada...
jd gak lngkp dehhhhh

August 2, 2011 at 10:25 PM  
Anonymous Anonymous said...

Selamat siang pak dokter....
ibu saya kena sirosis hati...
awalnya diabetes,perutnya kembung
membesar kakinya jg..apakah pemakaian spirulina, propolis, dan albumin dari ikan gabus membantu..mohon sarannya pak dokter

August 24, 2011 at 10:44 AM  
Anonymous Anonymous said...

Menurut pengalaman saya, papah saya menderita sirosis jg. Beliau sudah meninggal 4bln yang lalu, sampai saat ini sirosis blm ada obatnya kemungkinan besar dokter memberikan obat untuk menanggulangi efek2 yang sudah terjadi.

April 9, 2012 at 1:48 AM  
Anonymous Anonymous said...

reply to :

Salam,

Saya pernah melalui zaman itu tahun 2002, apabila saya di sahkan ada sirosis. Maka mata saya kuning, perut saya kembung, kaki membengkak dan paling mengerikan ialah terjadi muntah darah dan hilang ingatan.

Dengan izin allah saya dapat pulihkan hingga kini. Saya bersedia berkongsi pengalaman untuk mereka yang sedang bertarung dengan menghadapi musyibah tersebut. Namun bersabar lah... Banyak kan berdoa...
Wassalam

azman
Malaysia


-----------------------------------

Assalamualaikum bpk.Azman, dimanapun anda berada, semoga Berkat Allah selalu menyertai setiap langkah anda, berserta keluarga, Amin.

Ayah saya setahun terakhir diklaim mengidap sirosis hati dengan virus hepatitis C (kronis), dengan jumlah virus 1.2 x 10 pangkat 6, dengan genotipe 1.

Namun saat ini telah menurun menjadi 45, dalam kurun 6 bulan terakhir beliau (ayah saya) melakukan terapi suntik pegasys dan meminum obat copegus.

Menurut dokter, terapi harus dilakukan selama 1 tahun, yang membingungkan adalah selama proses terapi hasil vibroscan bertambah, mohon sharing tipe obat yang harus dikonsumsi maupun metode pengobatan yang harus dilakukan untuk kesembuhan ayah saya.

syukran, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, saya haturkan terima kasih sedalam-dalamnya.

best Regards

-Iqbal Ryanza-


dragoon_climax@hotmail.com

iqbalrx24@gmail.com

fb : iqbal ryanza
twitter : @iqbalRX




September 30, 2012 at 1:39 AM  
Anonymous Anonymous said...

Bagi rekan-rekan yg sakit / saudaranya yg sakit “SIROSIS HATI” biasanya salah satunya ditandai dengan kadar albumin yg sangat-sangat rendah (hipoalbumin), Oleh karena itu membutuhkan supplemen tambahan albumin utk meningkatkan/menjaga kadar albuminnnya agar tetap normal. Kami menyediakan kapsul albumin ekstrak ikan gabus (Pujimin) Rp.170.000,-./kemasan botol isi 30. Jika berminat dapat menghubungi kami di
wholestuffhere@gmail.com

(*harga belum termasuk ongkos kirim / lokasi kami di jakarta).

February 13, 2013 at 1:04 PM  
Blogger Risdianto Yambo said...

Saya demam 3 hari setelah periksa lab hasilnya anti deangue igG positif anti deangue igM negatif trombosit saya turun dari 292 hari pertama jadi 288 hari ke 2 hb 15.5 jadi 15. Dan saya merasa lesuh. Apa tindakan yg harus di ambil.

November 3, 2013 at 7:59 PM  
Blogger JAGUAR EMAS said...

Untuk urusan liver cukup konsumsi gamat/teripang..alhamdulillah liverku jd normal dg mengkonsumsi gamat tsb..wlu dulu jg blm parah2 amat..cukup 180rb/botol..sdh byk dipasaran..ato hubungi aja 085797033424

December 18, 2013 at 6:57 AM  
Blogger Muh Nazim said...

Tlg lah bantu saya saudara dgn berikan info seberapa banyak kerana saya kini alami sirosis hati tahap c kata doktor... namun kondisi badan saya perut sedikit buncit dan kaki baru mula bengkak .

January 20, 2014 at 2:16 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home