Friday, February 22, 2008

Hepatitis Virus A


Hepatitis virus A adalah virus hepatitis yang menyerang organ liver, dengan manifestasi berupa panas, lemas, mual hingga muntah, kencing berwarna kuning tua kecoklatan dan kuning pada mata.

Penularan virus hepatitis A ini melalui makanan atau minuman (oral - fecal) yang tercemar virus hepatitis A. Pada musim hujan seperti sekarang ini dimana banjir yang menghanyutkan air di selokan dan mungkin juga tercemar dengan tinja beredar dekat pada waktu kita sedang makan, disamping itu kesulitan untuk mendapatkan air bersih mempermudah penularan hepatitis virus A ini.

Pengobatan hepatitis visus A ini dengan obat-obatan pelindung organ liver akan sembuh dengan sempurna. Hepatitis A ini mempunyai sifat yang tidak membuat peradangan liver yang kronis seperti halnya dengan virus hepatitis B dan virus hepatitis C.

Lama pengobatan hepaititis virus A berkisar 10 hingga 12 hari kecuali terjadi sumbatan pada saluran empedu (tipe kolestatik) maka kuning yang dialami akan makan waktu yang lama (2 hingga 3 bulan).

4 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Salam kenal , Dok.

April 2, 2008 at 5:43 PM  
Blogger Dr.Imran Nito (INTERNIST) said...

Ya walaikum salam

April 16, 2008 at 1:33 PM  
Blogger Lunadika's Diary said...

Saya pernah mengalami penyakit ini pasca melahirkan anak saya yang kedua, dokter umum yang memeriksa saya mengatakan hal-hal yang menakutkan saya, akhirnya saya pindah ke dokter spesialis penyakit dalam, dengan pengobatan yang teratur ditambah dengan "pakis hati" obat tradisional suku dayak, alhamdulillah penyakit itu hilang

March 27, 2011 at 12:52 PM  
Blogger KyraButik said...

Dok..mau tanya saya pasien hepatitis A. Sebelum dirawat d RS sgot/sgpt 391/419 sekarang sgot/sgpt 34/34 (normal 31/35) pdhl pemeriksaan sebelumnya 26/40..apa penyebabnya? Bagaimana supaya normal lg?

September 13, 2012 at 5:43 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home