Monday, May 26, 2008

FIBROMYALGIA



Fibromyalgia adalah kumpulan rasa nyeri pada hampir seluruh tubuh. Tempat nyeri yang dirasakan banyak sekali(hingga 18 titik nyeri).
Banyak hal yang mendasari peristiwa ini diantaranya stres, gangguan tidur, adanya penyakit lain (comorbidity), gangguan mineral/elektrolit dalam darah.
Pengaruh makanan yang diduga juga berperan terjadinya fibromyalgia ini adalah MSG (monosodium glutamate).
Keluhan nyeri ini dirasakan lebih dari tiga bulan lamanya.
Pengobatan yang dilakukan adalah pemberian anti nyeri berserta dengan antidepresi, pengobatan gangguan tidur, olah raga yang reguler.

15 Comments:

Blogger Yudhi Gejali, dr. said...

Dok..sifatnya kronis atau akut sih..?
Maaf saya kurang paham..(kurang baca, he..he.)
Soalnya saya suka pegel-pegel.
Kebanyakan MSG gitu ya??

May 26, 2008 at 11:17 PM  
Blogger Yudhi Gejali, dr. said...

Dok..sifatnya kronis atau akut sih..?
Maaf saya kurang paham..(kurang baca, he..he.)
Soalnya saya suka pegel-pegel.
Kebanyakan MSG gitu ya??

May 26, 2008 at 11:17 PM  
Blogger Dr.Imran Nito (INTERNIST) said...

Rasa sakitnya kronik jadi cukup mengganggu.

June 26, 2008 at 1:05 PM  
Anonymous Anonymous said...

penyebab utamanya apa,Dok...?

May 24, 2011 at 12:06 PM  
Anonymous Anonymous said...

Dokter Imran,
Saya ibu rumah tangga penderita fibromyalgia berumur 56th. Sudah 3 bulan ini mondar/dir ke dokter bedah tulang, Rehabilitasi medik, Psikiater. disamping itu saya juga menderita pengapuran di cervical & bahu yg sudah menahun. Jadi terasa mengganggu sekali terutama di leher. Obat sdh diminum. relaksasi otot sdh saya lakukan. Apakah penyakit ini bisa disembuhkan dok. terimakasih utk penjelasannya

May 1, 2013 at 6:23 PM  
Blogger Aulia Ghoz said...

dok sudah satu tahun saya menderita fibromyalgia ini, saya merasa putus asa padahal saya sudah ke lebih dari 5 dokter tapi tidak ada yang memberi penangannan lebih lanjut, saya hanya diberi obat. saya tidak sanggup dengan penyakit ini dok. bagaimana dok?

April 16, 2014 at 8:06 PM  
Blogger Aulia Ghoz said...

dok sudah satu tahun saya menderita fibromyalgia ini, saya merasa putus asa padahal saya sudah ke lebih dari 5 dokter tapi tidak ada yang memberi penangannan lebih lanjut, saya hanya diberi obat. saya tidak sanggup dengan penyakit ini dok. bagaimana dok?

April 16, 2014 at 8:07 PM  
Blogger Unknown said...

Saya juga menderita fibromyalgia. Semua sakit dan nyeri di tubuh saya rasakan setelah kecelakaan motor. Sedih dan hampir putus asa. Dimana butuh tenaga banyak mengurus anak dan rumah tapi saya seperti tidak berdaya dan hanya bisa melakukannya 60-65% saja. Tidak bisa total. Jika ada yang mengalami hal yang sama dan berhasil sembuh, siapa saja, tolong share ke saya, saya harapkan sekali, bisa kontak ke nomor saya 08883948610. Terima kasih.

November 19, 2015 at 2:06 PM  
Blogger Unknown said...

Saya juga menderita fibromyalgia. Semua sakit dan nyeri di tubuh saya rasakan setelah kecelakaan motor. Sedih dan hampir putus asa. Dimana butuh tenaga banyak mengurus anak dan rumah tapi saya seperti tidak berdaya dan hanya bisa melakukannya 60-65% saja. Tidak bisa total. Jika ada yang mengalami hal yang sama dan berhasil sembuh, siapa saja, tolong share ke saya, saya harapkan sekali, bisa kontak ke nomor saya 08883948610. Terima kasih.

November 19, 2015 at 2:07 PM  
Blogger zxl said...

This comment has been removed by the author.

May 31, 2016 at 1:10 AM  
Blogger zxl said...

Aq penderita fibromyalgia... aq dvonis pada saat umur 20 thn skrg umurku 27 thn. Dl sih tiap hari kepala sakit dan badan sakit semua... sekarang sih udah jarang, kalau sakit pun mmg krn kecapekan ato byk pikiran. Udh bs aktivitas normal...

May 31, 2016 at 1:16 AM  
Blogger totobi said...

Fibromialgia memang penyakit yg butuh kesabaran dalam memahaminya. Dan hanya penderita saja yg mampu menjelaskan. Bahkan dokter sehebat apapun mungkin hanya sebatas teori saja, karena dia tidak pernah merasakannya.Tidak ada yg bisa menolong orang dengan fibromialgia, bahkan dengan obat mahal sekalipun. Kuncinya hanya satu, mulai bersahabatlah dengan fibromialgia. Bila
Ada yg mau sharing bisa email
Ke yudiusmawati83@gmail.com

December 31, 2016 at 10:24 PM  
Anonymous Anonymous said...

Kl ada gejala fibromyalgia berobatnya ke dokter sepesialis apa ya? Syaraf atau penyakit dalam?

February 19, 2017 at 12:37 AM  
Blogger Hand Bouquet Jakarta - Florie Florist said...

Hai ..
aku cuman mau sharing..
Taon lalu sekitar bulan october stlh melakukan perjalanan jauh tiba2 aku mulai terasa sakit yg sakitt bngt rasanya.. dari sana aku mulai sakit2 terus (mainly tangan dan kaki) dan berhubung kerjaan aku berhungan dengan fisik bagian punggung jg kadang2 sakit. Aku uda ke dokter dan sinshe semua blg aku gpp mngkn cuman kecapean. Lalu aku mulai2 googling ktmu dengan term fibromyalgia. Aku tanya ke sodara2 aku yg dokter tp mereka blg bukan fibromyalgia , mngkn mereka ga berani vonis krn penyakit ini susah sembuh. Mama ku suka ajak aku ke dokter tp aku uda ga mau. Aku berpikir wktu itu "just deal with it" . Ada kalanya aku lg kambuh rasanya sakit bngt tp yah uda istirahat aja. Di sana aku belajar aku kambuh kalo kerjain sesuatu yg pake fisik aku. Jadi aku stop gym dan ga kerja fisik. Dan untuk bbrp bln aku bener2 uda ga sakit. Sampai aku lupa sama penyakit aku. Sampai akhirnya aku ga sadar aku ngerjain sesuatu lagi tp uda bener2 ga sakit. Mungkin sakit aku bukan yg di tingkat akut/ parah, krn aku tau some ppl not even can lift up their hands. Saran aku sih, jangan dipikirin sakitnya, tp jalanin hidup apa adanya aja :) sama jangan melakukan sesuatu yg trigger otot kita krn kalo case ku dulu even berdiri sekitar 10
Menit aja bs bikin kaki aku pegel yg berhari2 baru sembuh, angkat barang berat dikit bikin pounggung dan tanganku sakit berhari2. Jadi aku bener2 menghindari hal2 kayak gt. Hope it helps ;)

April 5, 2017 at 9:50 AM  
Blogger Lili said...

Gimana caranya bisa sembuh kak?? Bisa sharing??

December 29, 2017 at 5:40 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home