Thursday, June 26, 2008

ITP (Idiopathic Thrombocytopenic Purpura)



ITP (Idiopathic Thrombocytopenic Purupura) adalah suatu kelainan pada sel pembekuan darah yakni trombosit yang jumlahnya menurun sehingga menimbulkan perdarahan. Perdarahan yang terjadi umumnya pada kulit berupa bintik merah hingga ruam kebiruan.
Penyebab dari ITP ini tidak diketahui secara pasti, mekanisme yang terjadi melalui pembentukan antibodi yang menyerang sel trombosit, sehingga sel trombosit mati.
ITP terbagi dua yakni akut ITP dan kronik ITP.Batasan yang dipakai adalah waktu jika dibawah 6 bulan disebut akut ITP dan diatas 6 bulan disebut kronik ITP. Akut ITP sering terjadi pada anak-anak sedangkan kronik ITP sering terjadi pada dewasa.
Diagnosis ITP adalah pada pemeriksaan terdapat perdarahan di kulit bahkan mimisan dan pada laboratorium jumlah trombosit menurun dan pada pemeriksaan BMP (bone marrow puncture) terdapat sel megakariosit.
Pengobatan ITP umumnya tidak memerlukan pengobatan yang serius tetapi bila terjadi perdarahan dan jumlah trombosit menurun hingga dibawah 20.000/ul maka dianjurkan untuk transfusi trombosit. Pengobatan lain yang dapat diberikan adalah dengan pemberian kortikosteroid dan dihentikan obat ini bila sudah meningkat jumlah trombositnya.
Perhatian yang harus diingat pada penderita ITP adalah hindari obatan yang dapat meningkatkan perdarahan seperti aspirin, hindari benturan yang membuat luka.

19 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Thx ya Dok infonyaa..

September 22, 2008 at 10:44 PM  
Anonymous Anonymous said...

BApak NAma kita hampir sama
BEcanda...

Thx buwat Infona...
^.^

September 23, 2008 at 8:02 PM  
Anonymous Anonymous said...

Saya copy artikel-nya untuk blog saya, Dok...

Terima kasih

October 19, 2008 at 12:12 AM  
Anonymous Anonymous said...

Dok,sya pnderita itp sdh 4thn..
Ada obt yg bnr2 bsa nyembuhin itp gag y dok?

November 18, 2009 at 2:05 PM  
Blogger art denoah said...

anak saya Faith (1 1/2th) didiagnosa dokter menderita ITP (masuk RS dengan trombosit 16.000 pada siang hari, malam harinya trombosit turun menjadi 3000 sampe masuk ICU) Badannya memar biru2. setahu saya dikasih obat namanya Gammaras (harga Rp3,3juta per satu kali suntik) kita mengambil paket 10 kali injeksi. tapi puji Tuhan sekarang dia sembuh total. perawatan rumah sakit selama seminggu dan harus cek darah tiap bulan selama tiga bulan. kalau ada yang mau info silahkan email saya. saya akan bantu sebisa dan setau saya (adventa_winfajar@yahoo.com)
venta

October 11, 2010 at 2:19 PM  
Blogger poo puss said...

dokter ... Penderita ITP boleh puasa tdk ? Kalau strachmark apkh bs dsbbkan oleh obat yg dkonsumsi dlm jjgk wktu yg lma spti obat yg dberikan untuk pnderita ITP??

August 11, 2011 at 8:49 AM  
Blogger kiki said...

kakak saya cewek, umur 29th. mengalami penyakit seperti itu. mudah memar jika terbentur, pendarahan saat gosok gi2, timbul bintik2 merah di bagian tubuh. pernah diberi obat gamaras, tp hanya bersifat sementara. berobat ke banyak dokter, tp jg belum membuahkan hasil yg positif. keadaan saat ini, trombosit di bawah 5000. saya mohon bantuannya bagi yang lebih tau dan mengerti penyakit ini. dimana harus berobat dan obat apa yg bagus untuk menaikkan trombosit. terimakasih. jogjakarta

October 28, 2011 at 10:44 PM  
Blogger saniyshabrina said...

Halo, saya Saniy. saya penderita pasien ITP juga, kebetulan pacarnya kakak saya nemuin situs tentang pasien ITP juga yang sembuh karena akupunktur, ini coba cek :

"http://egiesyahreza.multiply.com/journal/item/17/ITP_Part_2"

saya mau coba pengobatan itu juga nanti hari Kamis, 22 Desember 2011. saya sakit ITP dari 4 bulan yang lalu, sampai sekarang minum obat methylprednisolone emang sih naik, cuma cpt turun lagi. jadi fluktuasinya cepet, terus kemaren disaranin dokter harus operasi limfa, tapi saya gamau. jadi saya mau coba akupunktur itu dulu. doakan ya! oya, saya berobat ke Dr. Iman Supandiman, dia spesialist darah. bagus loooh ;;)

oya, kalau mau contact saya, kirim email aja ke shabrina.saniy@yahoo.com atau check tumblr saya aja : saniyshabrina.tumblr.com soalnya kalo blog yang blogspot ini jarang dipake. ayo berdoa bagi semua pasien ITP.

terimakasih :)

December 20, 2011 at 4:55 PM  
Anonymous Anonymous said...

Dok,Ibu saya mengalami ITP,1 minggu menjalani perawatan Di rumah sakit,dan menghabiskan 22 kantung darah untuk transfusi... sebelum transfusi darah yang di ambil untuk pemeriksaan selalu gagal,dikarenakan sample darahnya membeku... 1 tahun lalu sempat dirawat di RS dan menurut pihak RS tersebut terkena DBD.. tetapi untuk saat ini bintik darah sudah hampir seluruh tubuh,dan Memar2 biru pada kaki dan badannya...

jumlah trombosit yang dimilikinya setelah transfusi saat ini melalui pengecekan darah terakhir bernilai 69 dan leukositnya 19.9 apa itu masih bisa diatasi dok ??? bagaimana caranya ??? ibu saya memiliki tekanan darah tinggi dan stroke.
mohon penjelasannya dok,saya ucapkan terimakasih.

July 20, 2012 at 1:22 AM  
Anonymous Veronica said...

Kalau imunisasi kambuh g?
Anak sy umur 2blan kena itp,dksh gamarraz dah smbuh..
Tpi mau sy imunisasi tkut klo gtow lg.
Dlu anak na ibu imunisasi dah jarak brp lama?

October 30, 2012 at 8:44 AM  
Anonymous Anonymous said...

Saya sudah 28 tahun dengan ITP ringan, setelah terapi kortikosteroit selama 3 tahun tanpa ada perbaikan bermakna (jumlah trombosit tetap di bawah 100)ya saya hentikan pengobatan. Pengalaman saya bila stress tromosit cepat menurun, saya sudah konsultasi ke MMC Malaysia kata dokternya tak perlu terapi kecuali bila ada keperluan tindakan bedah...yang penting istirahat cukup, makan cukup, hindari stres.

May 30, 2013 at 4:07 PM  
Anonymous Anonymous said...

mohon bantuannya..
saya ridho(23) sudah lebih dri 1 bulan kulit saya keluar bintik" merah yg gatal,sakit bikin kaku sperti bekas di infus dan bengkak.. sya sudah pergi ke dokter nmun ktanya sya hrus dirwat ke RS dan brhbung biayanya selangit trpaksa sya hanya bisa pasrah dan smpai skrangpun rsa skit ini ada .. terkena penyakit apakah saya ini?
klo boleh tolong sya mau tau apa ada obat tradisionalnya biar sya buat dirumah... trimakasih
mhon bantuannya :(

August 16, 2013 at 4:47 AM  
Blogger baitogogo said...

Dok apakah IVIG (intravenous Immunoglobulin G) biasanya dipergunakan untuk therapy standard untuk ITP. Apakah IVIG bisa didapatkan di Indonesia? apakah PMI sudah bisa memproduksi IVIG?

September 4, 2013 at 5:21 AM  
Anonymous Anonymous said...

Salam , Dokter
Saya (35 tahun) mengalami ITP serta germ cell tumor (classsic seminoma testicular cancer) sejak Desember 2011, karena mengalami ITP maka pengobatan & treatment untuk germ cell tumor berupa kemotrapi dan radiasi (sinar) tidak bisa dilakukan dikarenakan trombosit yang rendah sekitar 8.000-13.000/ul. Hanya terapi pengobatan terhadap ITP yang terus masih sampai sekarang yang dilakukan antara lain dengan prednison, metilprednisolon, steroid dosis tinggi, imuran, azatioprin, donazol, revolade, anti-D iv dan belum menunjukan hasil yang positip dengan kisaran trombosit 7000-20.000/ul. Pemeriksaan laboratorium penunjang juga telah dilakukan yaitu test ferritin, tyroid function, autoimmune, kidney function, biopsi bone marrow yang menunjukan hasil kesimpulan merujuk mengalami ITP.
Dok, terapi pengobatan apa lagi yang bisa dilakukan untuk ITP? apakah terapi IVIG bisa menyembuhkan ITP secara permanen? dimana IVIG yang dengan biaya tidak terlalu tinggi dapat diperoleh di Jakarta atau Indonesia? adakah terapi sejenis IVIG yang biaya dapat dijangkau? apakah germ cell tumor menyebabkan ITP begitu juga sebaliknya atau terdapat hubungan keduanya?
Mohon Bantuan dan Saran
Terima Kasih

Hormat (xman_hyanst@yahoo.com)

March 26, 2014 at 1:54 PM  
Anonymous Anonymous said...

dok. ibu saya penderita ITP sudah lama. disarankandokter mengkonsumsi obat kortekosteroid metil prednisolon tiap jam 7 dan jam 10 pagi. selama 4 tahun. tetapi satu tahun terakhir timbul berbagai masalah. perut membuncit, pengeroposan tulang dan sendi, pergeseran tulang. tetapi ITP belum juga sembuh. bahkan semakin parah. sudah tranfusi tetap saja menurun jml trombositnya.. apa solusi terbaik?
sudah pernah mondok di rs selama 19 hari.

November 13, 2014 at 10:06 AM  
Anonymous Anonymous said...

Saya juga penderita itp...dg trombosit berada di 80.000..saat minum obat prednisolone hanya naik di 114.000 apakah mbak bisa membantu saya memberi saran pengobatan utk itp seperti yg mbak bilang dg akupuntur.? trims

June 9, 2015 at 1:45 PM  
Blogger Raissa said...

Itu bukannya gamaras

October 20, 2015 at 7:48 AM  
Blogger euis hafsah said...

Imunisasi stop aja bu ada beberapa imunisasi yg memicu itp klo anak saya kena itp pas 3 bulan 6 bulan mau imunisasi campak saya lakukan imunisasi campak memicu itp tapi ALHAMDULILLAH baik2 saja umur memang hanya tuhan yg tau tapi karena imunisasi berhubungan dg sistem imun jd sy hentikan imunisasinya tdk lengkap takut terjadi atau memicu itp nya itu selebihnya saya serahkan sama TUHAN

November 18, 2016 at 2:15 PM  
Anonymous Pengedar Shaklee Shah Alam said...

Ramai betul rupenya yang ada penyakit ITP ni. Boleh kah sembuh?

May 21, 2018 at 11:15 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home