Friday, August 29, 2008

KONSTIPASI



Konstipasi adalah rasa sulit untuk buang air besar dan berkurangnya frekuensi untuk buang besar sehingga kurang dari 2 kali per minggu. Konstipasi yang dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan nama sembelit. Gejala yang dirasakn seperti kotoran (tinja)keras, tidak puas waktu buang kotoran, diperlukan tenaga ekstra mengedan untuk mengeluarkan tinja.
Konstipasi ini dapat terjadi pada semua usia. Banyak sekali yang dapat menjadi penyebab dari konstipasi ini diantaranya adalah diet kurang serat, kurang gerak (tirah baring yang lama), obat - obatan (codein, anti depresi, antasida), penyakit yang diderita (kencing manis, hipotiroid).
Pengobatan yang dianjurkan tentunya disesuaikan dengan penyebab yang ada, tetapi sebagai obat pendahuluan untuk membantu sembelit yang terjadi bisa dengan pilihan obat pencahar. banyak sekali tipe obat pencahar dengan berbeda - beda cara kerja dari masing - masing obat tersebut, jadi sangat dianjurkan untuk konsultasi pada dokter anda, bahaya dari obat pencahar adalah ketergantungan pada obat pencahar.

2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Kalo waktu2 tertentu suka sembelit disertai rasa mules yang akut waktu buang air. Sering karena koleksi feses yang berbentuk seperti bola besar dari kumpulan kecil2. Namun bbrp x karena feses cair mudah namun mulesnya bisa sampai keringat dingin dan 2x drop tekanan darah dan pingsan bbrp detik. Namun setelah selesai buang air bisa dengan cepat normal kembali. Apa penyebabnys dan pengobatan apa yang harus diambil? Trims

March 30, 2013 at 7:18 AM  
Blogger Risti Amalia said...

thanks atas infonya, ditunggu artikel yang lainnya

http://obathepatitisb.infosehatalami.com/kenali-gejala-hepatitis-b-sejak-dini/

September 7, 2015 at 9:23 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home