Monday, November 3, 2008

Kaki Bengkak (Ankle Edema)




Kaki bengkak (ankle edema) adalah pembengkakan pada tungkai bawah yang disebabkan oleh penumpukan cairan pada kaki tersebut. Banyak faktor yang dapat menyebabkan ankle edema ini. Faktor yang berperan adalah kadar protein (albumin) dalam darah yang rendah, fungsi pompa jantung menurun, sumbatan pembuluh darah atau pembuluh limfe, penyakit liver dan ginjal kronis, posisi tungkai terlalu lama tergantung (gravitasi). Ankle edema ini terjadi pada kedua tungkai tetapi dapat juga terjadi pada satu tungkai saja. Ankle edema hanya satu tungkai saja disebabkan karena aliran pembuluh darah atau pembulih limfe tersumbat, sumbatan ini dapat terjadi karena darah yang kental lalu membeku didalam pembuluh darah atau massa tumor yang menekan pembuluh darah atau pembuluh limfe.
Pemeriksaan yang dilakukan sangat mudah yakni dengan menekan pada daerah mata kaki akan timbul cekungan yang cukup lama untuk kembali pada keadaan normal. Pemeriksaan lanjutan untuk menentukan penyebab dari ankle edema adalah menentukan kadar protein darah dan di air seni (urin), pemeriksaan jantung (Rontgen dada, EKG), fungsi liver dan ginjal.
Pengobatan awal yang dapat dilakukan dengan mengganjal kaki agar tidak tergantung dan meninggikan kaki pada saat berbaring. Pengobatan lanjutan disesuaikan dengan penyebab yang mendasarinya.

26 Comments:

Anonymous dr.abu hana said...

Bismillah.
Alhamdulillah senang sekali bs mampir ke blognya dr.Imran.
Subhanallah, dokter internis yg msh punya waktu utk berbagi ilmunya di tengah kesibukan..

dok, mhn izin nge-link ya, sekalian copas artikelnya & mdh2an bs konsultasi jg..

Gubug sy di :
http://kaahil.wordpress.com

November 7, 2008 at 7:39 PM  
Blogger Regza said...

iya dok, saya seneng banget bisa blogwalking ke sini, dapet ilmu banyak banget .. apalagi saat ini saya lagi kena ankle edema .. jadi saya tau saya mau ke dokter apa, selain dokter umum .. dan kira2 diagnoses serta treatment apa aja yang bakal saya dapet .. biar ga bodoh2 banget .. thx banget ya dok ..:)

December 19, 2008 at 10:48 AM  
Blogger rizal.syaiful said...

dok, saya punya orang tua (laki-laki) usia 50 tahun kakinya bengkak pada tungkai bawah bagian dalam.mula2nya seperti melepuh,apabila pecah akan jadi luka dan infeksi.cairan yang keluar adalah bening (bukan nanah)dan tidak berbau.proses luka menjadi infeksi sangat cepat yaitu 1-2 hari.semula diduga mempunyai DM,tapi setelah dilakukan medical check up kadar gula tanpa puasanya hanya 137.tapi kreatininnya mencapai 2,77.asam urat 6,4.memang beliau mempunyai riwayat hipertensi beberapa tahun terakhir.yang dirasakan beliau pada kaki tersebut rasanya sangat sakit dan perih...mohon informasinya dok,apa penyebab sakit pada kaki beliau tersebut?terima kasih

February 17, 2009 at 10:50 PM  
Blogger giena said...

saya wanita usia 22 tahun,, 2 bulan yang lalu kaki saya mengalami bengkak dan nyeri yang luar biasa terutama pada saat bangun tidur,, saya juga sdh melakukan serangkaian tes u/ mengetahui faktor penyebabnya mulai dr rongen, usg, tes darah lengkap (kolestrol lengkap, urien lengkap, dll) hasilnya semua normal nilai yg sdkit abnormal globulin dan LED tinggi serta Hb saya rendah,dan akhirnya dokter menyarankan saya u/ tes elektrofisis protein,, maka didapatlah hasil gamma protein saya sanagt tinggi dokter curiga saya mengidap myeloma,, sungguh shock saya. dokter saat ini ingin m'ambilsum2 tulang saya u/ diagnosis lebih lanjut hanay saja orang tua saya khawatir dan mereka berpikir hal itu tidak perlu dilakukan karena bengkak di kaki saya sdh hilang,, menurut pendapat dokter bagaimna??? yang saya ingin tanayakan apa yg menjadi faktor pencetus myeloma itu dan apa dampaknya jika dibiarkan begitu saja???
terimakasih

September 6, 2009 at 7:05 PM  
Blogger hisham said...

anda perlu tingkat sistem imun berkerja dan didik imun sentiasa dan perlukan kawalan email saya hisham_abmj@yahoo.com

January 5, 2010 at 7:45 PM  
Blogger Bety Purnama said...

dok, saya merasa aneh dengan badan saya bengkak sebelah dan terasa seperti kesemutan dan kaku yang dibagian kiri, apa lagi bagian kaki dan tangan kalau bangun tidur terasa sakit seperti kaku dan pegel2 dan bengkaknya terasa banget,apa lagi telapak kakinya kalau bangun tidur langsung berdiri dan jalan tu terasa sakit sekali,tapi kalau sudah beberapa menit kemudian sudah tidak sakit dan tidak bengkak lagi,mohon bantuannya ya dok. terimakasih

January 26, 2010 at 3:43 PM  
Anonymous magdalena said...

terima kasih atas info nya..
saya sudah periksakan ke dokter,
jantung, ginjal, lever, protein dari air kemih tidak ada masalah, namun kaki yang sering tergantung pada saat duduk dan pakai sepatu hak tinggi kadang menyebabkan kaki saya bengkak.
pertanyaan saya, kalau lah itu karena penumpukan cairan yang disebabkan aliran pembuluh darah, apakah penyebab penyebab penyempitan pembuluh darah ato limfe ?
memang sering nyeri di bawah pinggang di atas panggul sebelah kanan saya..
terima kasih..

March 31, 2010 at 9:44 PM  
Blogger Phine said...

dok, sy sudah periksa ke dokter, dan seluruhnya dicek urine lengkap, darah sampai USG Abdomen. Dari pemeriksaan USG Abodomen tidak ada masalah dengan organ dalam saya, seluruhnya baik saja. Dan di pemeriksaan darah juga begitu. Cuma memang LED saya sebesar 45, dan Eosonofil saya 5, batang 0. Kalau boleh tau, saya menderita penyakit apa.. ? dan saya harus berobat kemana, karena terus terang kaki bengkak cukup menganggu karena sedikit nyeri. Apakah ada pengaruh dengan paru-paru saya yang diduga bronhitis, memang saat ini sy blm ke dokter paru, kemungkinan minggu depan saya kesana. Mohon bantuan dokter untuk meresponse pertanyaan saya ini

October 9, 2010 at 8:06 PM  
Blogger Mimi said...

Dok, mohon pencerahannya.. suami saya tersiram air panas (3 hari lalu 14 April 2011), pada bagian paha kanan dan kaki kirinya. pada saat terkena, beliau alirkan dgn air dingin, tetapi di kaki kirinya direndam air dingin.. karna panasnya tidak tertahankan. hingga seharian penuh, panas pada kakinya tidak mereda. hingga diberikan bioplacentom. akan tetapi kendalanya adalah pada paha kanannya timbul seperti kumpulan air yg melembung, tetapi pada kaki kirinya tidak. dan pada hari ke 3 (16 april 2011) gelembung tersebut pecah. sehingga oleh suami saya dipecahkan lah yg lain. dan yg timbul pada kaki kiri pun dipecahkan. masalahnya adalah :
1. terjadi sobek melebar (kulit yg terbakar mengelupas) apakah boleh diberikan salap bioplaceton pada kulit baru tersebut?
2. kaki kirinya membengkak dok.. dan makin bengkak tiap harinya. kami belum sempat ke dokter. rencananya senin 18 April 2011. krn dokter keluarga kami sedang keluar kota.
mohon bantuannya. terima kasih

April 16, 2011 at 11:01 PM  
Blogger nenooo said...

dok mau nanya.kalo edema yg terjadi karena hiperekstensi itu kipatogenesisnya gimana ya dok??

September 11, 2011 at 5:37 PM  
Blogger leelye @vahalla said...

Salam kenl Dok,,

Mohon penjelasan nih dok, ibu saya kena diabet, biasa beliau minum obat diabet nya, cuma untuk 1 bulan terkhir ini beliau berhenti minum karna mencoba obat herbal daun sirih gitu. tapi karna kemarin ada sakit batuk yang tidak sembuh2 sampai menyerang telinganya, lalu beliau berobat, dan kemudian beberapa hari berikutnya kaki ibu saya bengkak, begitu juga dengan wajah,dan anggota tubuh lain. apakah ini disebabkan karna berhenti minum obat diabetnya, atau karna kontraindikasi dengan antara obat herbal air sirih itu dengan obat untuk telinga nya yah??terima kasih sebelumnya dok

Leelye

March 3, 2012 at 12:10 AM  
Blogger Look Here said...

dok kalau boleh tahu dimana tempat praktek dokter,terimakasih

April 16, 2012 at 8:05 PM  
Blogger idrus al hamid said...

dok saya mengalami kejadian seperti arikel dokter diatas,,,
kalo boleh tau cara menyembuhkan nya seperti apa dan obat nya apa saja,,,

terima kasihh

kirim ke email saja dok:
idrus_al_hamid@yahoo.com

May 23, 2012 at 4:05 AM  
Anonymous maria said...

dokter mau tanya. ibu saya umur 55 tahun. dia jatuh dengan posisi seperti split. semenjak itu pinggulnya sakit dan kaki bagian kiri dari paha sampai ujung kaki bengkak.
sudah foto ke dr. tulang, katanya baik2 saja. tapi diberikan obat, mala tambah besar bengkaknya.
pergi ke dr. umum, disuru cek aliran darah, sudah dicek oleh dr. internis, dikasi obat, bengkaknya sudah lumayan mengecil.
tapi sekarang tetap masih agak bengkak, bagian punggung kakinya keras. dan badan mulai agak sakit2.

sekarang saya bingung dr, harus ke dr mana utk periksa penyakit ibu saya.
thanks

maria -nexia_sakura@yahoo.com-

August 23, 2012 at 1:21 AM  
OpenID yoanmaukar said...

dok, sdah bbrp ini kakiq mmbngkak. lnsng parno klo ini jgn2 gagal ginjal, mslh sy prna mnemani papa sy brobat k china. sy tau kaki papa sy mmbngkak wkt it, mkany sy lnsng khawatir skrng. ap sy hrs check-up gt ya, dok.

November 1, 2012 at 1:02 AM  
Blogger HANSEN Wijaya said...

Terima kasih banyak,untuk dr.imran nito. Karena sudah membagi ilmunya. Dan saya mencari link nya di google. Dan saya sedang terkena penyakit tsb, saya jadi tau harus berbuat apa. Terima kasih dr.imran , GBU

January 9, 2013 at 11:42 PM  
Blogger agus wanimbo said...

Halo dr.sy mau konsul adik saya umur 21 thn dg diagnosa hipoalbuminemia ec dekubitus grade III-IV.
Klinis:ke 2 tungkai edema.
Hb 8,6, albumin 2,5
Sudah transfusi albumin 6 botol tetapi tetap edema.

Post transfusi darah 7 kantong tetapi hb tidak naik.

Pertanyaan saya :kira2 kenapa tetap edema ya dr, terapi yg seharusnya diberikan ap dr..mohon di jawab ya terimakasih.

January 12, 2013 at 6:19 PM  
Anonymous Anonymous said...

Pak Dokter
Ibu saya berusia 50thn,beliau mengalami kejadian seperti arikel dokter diatas,yang saya tanyakan,
bagaimana cara menyembuhkannya serta obatnya apa pak dokter?

terima kasih atas perhatianya

Tolong kirim ke email saja pak dokter:
chandra_takeoff32@yahoo.com

January 20, 2013 at 1:42 AM  
Anonymous Anonymous said...

Pak Dokter
Ibu saya berusia 50thn,beliau mengalami kejadian seperti arikel dokter diatas,yang saya tanyakan,
bagaimana cara menyembuhkannya serta obatnya apa pak dokter?

terima kasih atas perhatianya

Tolong kirim ke email saja pak dokter:
chandra32_takeoff@yahoo.com

January 20, 2013 at 1:52 AM  
Anonymous Anonymous said...

Assalamu'alaikum Pak Dokter
Ibu saya berusia -+ 60thn menderita diabetes dari tahun 2001, alhamdulillah sekarang sdh normal,tetapi sekarang mengalami kejadian seperti arikel dokter diatas,yang ingin saya tanyakan,
bagaimana cara menyembuhkannya serta obatnya apa pak dokter?

terima kasih atas perhatianya...tolong di balas ke budisarwa@gmail.com

March 2, 2013 at 10:01 AM  
Anonymous Anonymous said...

Assalamu'alaikum Pak Dokter
Ibu saya berusia -+ 60thn menderita diabetes dari tahun 2001, alhamdulillah sekarang sdh normal,tetapi sekarang mengalami kejadian seperti arikel dokter diatas,yang ingin saya tanyakan,
bagaimana cara menyembuhkannya serta obatnya apa pak dokter?

terima kasih atas perhatianya...tolong di balas ke budisarwa@gmail.com

March 2, 2013 at 10:06 AM  
Anonymous Anonymous said...

Dok, Saya copas artikelnya tapi dengan bentuk skema ya :D
Terimakasih

November 16, 2013 at 11:16 PM  
Anonymous wirkiantoh said...

pak dokter yang saya hormati,saya baru 2 ini juga mengalami kaki bengkak. tapi tidak ada cairan Hanya telapak kaki yang kemerahan dan terasa panas..ketika saya cek dengan termometer digital suhu telapak kaki saya hingga 39 derajat... panas dikaki ini juga menjalar ke otot 2 tubuh yang lain lalu tubuh saya menjada demam...sekarang telapak tangan saya juga mulai panas dan kemerahan tolong solusinya dok..terima kasih email saya wirkiantoh@yahoo.com

November 22, 2013 at 8:29 PM  
Anonymous Anonymous said...

dok saya punya istri kakinya bengkak udah rawat inap ke rs dr oon solo baru bahkan sudah 2x mondok di rumah sakit dr oon hasilnya lumayan tapi gak maksimal sekarang saya ada di rumah gunung kidul tahap pemulian tapi kenapa sekarang bengkak lagi mohon petunjuknya kalau kosul langsung tempat praktek dr dimana agar cepat teratasi dan tidak berlanjut dan cepat diobati terus terang saya takut dgn gagal ginjal trima kasih ya dok saran dokter sangat berguna bagi saya




February 5, 2014 at 1:39 PM  
Blogger tulus marchG said...

Dok paman saya mengalami bengkak pada kaki kanan dari pangkal paha sampai dengan ujung jarinya. Paman saya tiap hari selalu during uringan. Penyebab bengkak dikaki paman saya itu apa y Dok?
Mohon solusinya Dok.
Terima kasih.

June 29, 2014 at 11:27 PM  
Blogger Rusli Handyanto said...

Dok, ibu saya sudah seminggu lebih kaki kirinya bengkak (hanya kiri). Dari senin sudah dirawat, cek darah, kolest bagus, gula drah bagus, fungsi ginjal liver jg baik. 2 bulan lalu pasien jatuh

September 18, 2014 at 10:27 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home