Wednesday, September 10, 2008

Diare Kronik



Daire kronik adalah buang air besar cair lebih dari 3 kali sehari dan berlangsung lebih dari dua minggu (15 hari). Banyak sekali penyebab dari diare kronik ini diantaranya adalah infeksi (amuba, TBC, malaria), non-infeksi (IBD = inflamatory bowel disease), gangguan penyerapan makanan, radiasi, keganasan (kanker usus besar), HIV-AIDS. Yang menjadi bertambah sulit baik untuk mencari penyebab dan mengobatinya karena pada kasus diare kronik sering terdiri lebih dari satu jenis penyebab. Sehingga banyak pemeriksaan yang harus dilakukan pada kasus diare kronik diantaranya pemeriksaan darah rutin, analisa tinja, fungsi liver, USG abdomen, kolonoskopi hingga biopsi.
Pengobotanpun pada kasus diare kronik menjadi bervariasi dan biasanya memakan waktu yang lama (4 hingga 8 minggu), respon pengobatanpun bervariasi mulai dari sembuh hingga tidak ada respon sama sekali.

5 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Dok,saya dvonis TB paru-paru.pdhl,sya gk batuk maupun sesak.hanya wktu itu sy hrs drawat dkrnakn thpus namun widal sy sdh bgs tapi panas bdn sy tdk turun2.stlh dronsen hasil y ad cairan dparu2 sy.akhr paru2 sy dsedot trus turun panas bdn sy.tetapi bdan sy suka anget2 gt shu sktr 36.6.ap kah ini pgrh dr pnykt sya?? Trus bolh kah sy mnm obat dr dokter jg meminum sambiloto yg kta y bfungsi mbunuh bakteri TBC.

September 12, 2008 at 6:57 PM  
Anonymous yuri said...

dok, saya sering sekali diare +/- 2-3 kali seminggu. ini sangat menggangu saya, pernah dokter umum menyarankan saya untuk endoskopi usus agar dapat melihat kelainan apa yg tejadi di usus saya. tetapi saya sangat takut akan diagnosa dan langkah tsb. suhu badan saya sering tinggi/demam, dan tiba2 normal. mohon saran dr.. tks a lot.

October 27, 2009 at 3:48 PM  
Blogger Unknown said...

Robby oktober 31 2012
Dok, saya mau tanya,
Smenjak benturan keras di kepala saya, saya terus merasa pening-pening sehingga mengakibatkan tidak bisa fokus terhadap pekerjaan dan di ikuti dgn pilek sediki2 juga suhu badan juga kadang naik dan turun, apakah ini di karnakan HIV AIDS.??

trimakasih

October 31, 2012 at 8:07 AM  
Blogger Unknown said...

Doc.sya mw tya ank aq umur 7bln srg bgt kna diare...
3hri smbh bsk dtg lgi...
Smpe bgung .
In trmsk diare apha

June 14, 2014 at 4:43 PM  
Blogger Unknown said...

Doc.sya mw tya ank aq umur 7bln srg bgt kna diare...
3hri smbh bsk dtg lgi...
Smpe bgung .
In trmsk diare apha

June 14, 2014 at 4:44 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home