Monday, November 24, 2008

Petunjuk Menjaga Kebugaran dalam Pesawat Terbang


Dalam perjalanan dengan pesawat terbang yang lebih dari empat jam akan terasa pegalnya terutama pada kedua tungkai. Hal ini lebih terasa bila duduk di kelas ekonomi yang mana kursinya lebih sempit.
Proses yang terjadi pada perjalanan dengan penerbangan yang lama (lebih dari 4 jam) adalah peredaran darah yang melambat pada bagian tubuh yang terjuntai (tungkai). Peredaran darah yang pelan ini akan sangat bermakna pada orang yang gemuk, tidak banyak olah raga, riwayat darah yang mudah kental, hipertensi dan kencing manis yang tidak terkontrol dengan baik.
Gejala yang dialami pada kedua tungkai tersebut adalah rasa berat, kesemutan, pegal, bengkak.
Untuk itu pada calon penumpang yang memiliki kondisi yang demikian sangat dianjurkan untuk segera mengkoreksi kondisi yang ada sekarang sebelum anda berpergian jauh dengan pesawat.
Yang dapat dilakukan selama dalam penerbangan adalah secara periodik (1 sampai 2 jam) untuk menggerakkan tungkai mulai pada sendi pergelangan kaki dan sendi lutut hingga panggul. Untuk menggerakkan sendi panggul harus berdiri lalu berjenggkok dan berdiri lagi sebanyak dua hingga tiga kali.
Jadi pilihlah kursi yang tepat dipinggir gang agar mudah berdiri dari kursi dan melakukan gerak jongkok berdiri. Jika berada di kursi yang tepat dipinggir jendela sangat menganggu orang lain untuk melewatinya.
Perasaan tubuh yang segar setelah perjalanan jauh sangat diperlukan untuk tetap dapat menikmati tempat wisata yang dituju. Selamat mencoba dan berwisata!!!

3 Comments:

Anonymous R.S said...

you are handsome n charming:-) I met you several times.

December 22, 2012 at 7:42 AM  
Anonymous R.S said...

as your patient

December 22, 2012 at 8:08 AM  
Anonymous Anonymous said...

I don't know u have this diary but its very help for me and thanks cause u ever help me doctor

December 21, 2013 at 11:12 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home