Thursday, January 29, 2009

Berat Badan Turun (Loss Body Weight)



Penurunan berat badan adalah salah satu tanda yang harus diwaspadai, untuk dicari tahu penyebabnya. Penurunan berat badan yang konsisten lebih dari 1kg/minggu dengan disertai penurunan massa otot adalah sesuatu hal yang patologis (penyakit). Banyak sekali hal yang mendasari hal ini diantaranya penyakit metabolik seperti hipertiroid, diabetes melitus (kencing manis), keganasan (lymphoma maligna), infeksi kronik (TBC), gangguan saluran cerna bawah (diare kronik), HIV/AIDS, malnutrisi (kurang gizi).
Pendekatan yang dilakukan pada kasus ini adalah analisa asupan gizi paling tidak selama 10 hari terakhir, pemeriksaan fungsi organ paru, jantung, ginjal, hati, darah rutin (hemoglobin, lekosit dan trombosit), kadar albumin dan elektrolit, fungsi tiroid.
Pengobatan yang diambil berdasarkan proses yang mendasarinya dan lintas sektor. Sebagai contoh pada kasus malnutrisi pada seorang yang keterbelakangan mental harus kerja sama dengan lingkungannya (pengasuh).

3 Comments:

Blogger shantiochan said...

Dok, papahku meninggal tanggal 1 Januari lau karena sirosis. Aku dah pernah sms dokter tentang penyakitnya, kata dokter sudah tidak bisa bertahan lagi. Eh, ternyata bener dok....papahku udah gak kuat lagi. Makasih yah dok waktu itu atas penjelasannya. Thanks

January 29, 2009 at 1:27 PM  
Anonymous Anonymous said...

Dok mau tanya klo hipertiroid bs merembet ke gangguan pencernaan nggak?

June 3, 2012 at 9:40 PM  
Anonymous Anonymous said...

Dok, papa saya berat badan turun terus, semula 65kg sekarang hannya 49kg, tinggi 165. Sudah cek total dan endoskopi, ternyata ada bisul di usus, ada luka jg di usus, dan ambeian dalam. Bisul sudah dibuang, dan di test di lab, ternyata bisul biasa, bukan tumor. Sudah diberi obat, tapi berat badannya terus turun. Kira kira apa penyebabnya ya? Apa perlu diperiksa lagi? Terima kasih.

September 5, 2013 at 11:25 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home