Tuesday, December 30, 2008

MUAL (Nausea)




Mual atau dalam bahasa inggrisnya nausea adalah rasa ingin untuk muntah. Banyak sekali hal dapat menyebabkan hal ini diantaranya obat-obatan, emosi, metabolik dan proses fisiologis. Hal ini akan merangsang pusat mual yang terdapat di batang otak.
Mengingat banyak sekali penyebab mual ini maka sangat dianjurkan pada pasien untuk menceritakan semua penyakit yang pernah diderita, aktivitas yang dilakukan selama satu minggu terakhir, obat - obatan yang pernah dimakan, problem emosi yang dialami, perubahan kebiasaan buang air besar. Pemeriksaan tambahan yang perlu dilakukan sangat bergantung sekali pada riwayat keluhan mual ini, demikian juga dengan pengobatannya. Jadi keluhan mual ini walau pada organ perut yang dirasakan tapi hal yang mendasarinya sangat banyak sekali.

3 Comments:

Blogger Kedokteran Go Green (karikaturijo) said...

dok..selamat malam...

January 26, 2011 at 8:02 PM  
Anonymous Anonymous said...

Saya perempuan,28th,single, sejarah penyakait;maag, typus. Minggu kmrn maag saya kambuh lg,perut mual dan mulai muntah2,setelah minum obat maag, saya merasa enek, perut berbunyi terus tapi bukan lapar,seperti ada yang berputar2 didalam perut. Beberapa menit kemudian,terasa sangat lapar. Padahl bbrp jam sblm mnm obat, sy sdh mkn. Apakah itu wajar dgn jrk kr2 2jam-an, lgs lapar lg? Apakah itu penyakit jg? thx

October 31, 2011 at 10:13 PM  
Anonymous cara mengobati maag said...

saya setiap kali selesai makan selalu ada mual, apa saya terkena maag atau kenapa ya?
Ace Maxs

July 11, 2013 at 11:39 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home