Thursday, February 5, 2009

Asites (Cairan Dalam Rongga Perut)




Asites adalah penumpukan cairan dalam rongga perut. Cairan itu terjadi karena berbagai penyakit kronik yang mendasarinya. Penyakit kronik yang paling sering adalah penurunan fungsi liver yang kronik (sirosis hati). Penyakit lain yang dapat menimbulkan asites ini adalah penyakit yang menyebabkan kadar protein albumin turun dari dalam darah, gagal jantung, kuman tuberkulosa dalam rongga perut,kanker yang menyebar ke dalam rongga perut.
Keluahan yang dirasakan pada penderita dengan asites ini sangat bergantung pada jumlah ciran asitesnya, bila masih sedikit tidak ada keluhan, tetapi bila sudah dalam jumlah banyak mulai timbul keluhan yakni rasa perut berat, sesak dan tegang permukaan perut.
Pemeriksaan yang dilakukan untuk mendeteksi adanya asites ini cukup sederhana yakni dengan pemeriksaan fisik tangan seorang dokter biasanya sudah ketahuan, bila asitesnya sangat sedikit dengan bantuan alat USG baru terdeteksi.
Pengobatan asites ini adalah dengan cara dikeluarkan cairan tersebut sekaligus dilakukan analisa cairan asites untuk mendeteksi sel, kultur kuman dan analisa kimia (kadar protein-nya). Cara mengeluarkan cairan asites adalah dengan pungsi (dialirkan cairan dari dalam perut dengan bantuan jarum suntik). Pengobatan definitif adalah dengan mengobati penyakit yang mendasari terjadinya asites.

17 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Terima kasih atas Informasi tentang asites ini.Kalau asites ini diindikasikan karena kuman TBC perlu terapi TBC secepatnya nggak?

May 30, 2009 at 7:02 PM  
Anonymous Anonymous said...

dok kakak saya menderita penyakit ini sejak sehabis dioperasi akibat penyakit TBC di batang otaknya lalu dokter dirumah sakit itu memasang selang ke perutnya sebagai tempat pembuangan cairan.nah pertanyyan saya apakah cara yang dilakukan dokter itu wajar atau tidak dan cara penanggulangan dari penyakit acites itu sendiri bagaimana? mohon bantuannya..

May 30, 2009 at 10:41 PM  
Anonymous Anonymous said...

maaf dok,,,mw nanya klo acites Maligna itu kyak gmn?proses pengobatan nya harus sperti ap? dan pencegahannya sperti ap?
trimakasih

June 25, 2009 at 11:51 AM  
Anonymous Anonymous said...

Assalam...pak,gni...saya mnemui kasus ada pasien dgn hemathemesis melena, perutnya membesar..tapi tidak kencang dan mengkilap,venektasinya kliatan..tapi yang aneh...si pasien blg kalo dy mondok di RS trus dpt infusan, perutnya pasti membesar kaya gitu dan setelah pulang mengecil sendiri..., mhon dijelaskan apakah itu tmasuk asites atau bagaimana? sblmnya trimakasih -dyas-

July 27, 2009 at 4:41 PM  
Anonymous punduh said...

Terima kasih dokter, info ini amat saya perlukan berhubung istri saya juga mengalami hal yang sama.

August 25, 2009 at 4:48 PM  
Blogger tanya penyakit hernia said...

dok saya penderita hernia, saya sudah 2 kali operasi tapi gagal. apa itu disebabkan oleh adanya cairan dalam perut.
ctt: saya operasi 2 kali kanan kiri-kanan kiri

January 10, 2011 at 10:23 AM  
Anonymous Anonymous said...

Dox tante saya jg terkena penyakit serupa.kata bbrapa dokter kL cairan it diambL/di kemo tdk brthan Lama aLias cairan trsebut smakin brtmbh bnyak.gmana cra penangguLangany dox?mhon info.
Trims

August 19, 2012 at 1:04 PM  
Anonymous Anonymous said...

Bagi rekan-rekan yg sakit / saudaranya yg sakit “SIROSIS HATI” biasanya salah satunya ditandai dengan kadar albumin yg sangat-sangat rendah (hipoalbumin), Oleh karena itu membutuhkan supplemen tambahan albumin utk meningkatkan/menjaga kadar albuminnnya agar tetap normal. Kami menyediakan kapsul albumin ekstrak ikan gabus (Pujimin) Rp.170.000,-./kemasan botol isi 30. Jika berminat dapat menghubungi kami di
wholestuffhere@gmail.com

(*harga belum termasuk ongkos kirim / lokasi kami di jakarta).

February 13, 2013 at 1:02 PM  
Anonymous Anonymous said...

saya tidak tega melihat perut yang membesar , semoga lekas sembuh bagi penderita tersebut

obat penyakit asam urat

July 12, 2013 at 2:16 PM  
Blogger Unknown said...

siang dok.....kasus dengan pasien hepatitis kronik, oedema pada kaki dan asites. penderita sudah megalami selama 2 tahun....pernah dirawat di rumah sakit , namun penyakit kambuh kembaLi
pengobatan/perawatan yang bagaimana sebaiknya diberikan...

January 12, 2014 at 11:19 AM  
Blogger Unknown said...

ini ada sharing terapi asites menggunakan biospray mungkin bisa bermanfaat buat yang teman teman yang memerlukannya http://biospray.id/asites-penuruan-fungsi-liver-sembuh-biospray-bionutric/

November 3, 2015 at 8:50 PM  
Anonymous Obat Kuat Tradisional said...

available tonic new messages goods to pay

January 5, 2016 at 9:38 PM  
Anonymous jalankemanagitu.com said...

Terima kasih infonya dok. Saya sdg mengalami asites skrg. Kemungkinan efek dr kanker usus saya.

May 3, 2016 at 1:16 AM  
Blogger Unknown said...

Dear dokter.
Anak sya ketika umur 1 thn pernah operasi hernia sebelah kanan di rsud.akan tetapi beberapa bulan setelah operasi tu.perut anak membesar dan pada kantung telur kelamin kiri juga membesar.beberapa kali kontrol ,ronsen,tes darah,tes ini itu di rsud akhirnya dirujuk ke rsup.yang akhirnya oleh rsup untuk dirawat inap selama 1 bulan.di rsup udah tes darah,tes cairan,tes jantung,induscopy,sampe ct scan.dan hasilnya normal semua dan menurut infomasi tidak ada keganasan.akan tetapi selama 1 bln rawat inap pihak rsup blm mengetahui penyebab dan darimana cairan yg ada dirongga perut itu.kini anak saya umur 2 tahun.dan saat ini saya tetep usaha buat cari penyembuhan.dan saat ini saya perikasakn di salah 1 dokter spesialis penyakit dalam.menurut dokter tsb.dari semua hasil lab anak saya TB rongga perut.
pertanyaan saya apa TB rongga perut itu???apa sama asites.bagaimana penyembuhannya??

July 17, 2016 at 2:29 PM  
Blogger George said...

Dok,papa sedang di rawat di rs krna asites dan smuanya sdh di tes dri usg,rongent,ct-scan n analisa cairan yg di ambil dri perut,.kemarin dokter blg sampai hri ke 20 di rs mereka blum bsa pastikan krna apa cairan di dlm perut itu krna albumin normal n protein normal,.cma yg psti cairannya ada masalah tpi blum tau dri mna sumber infeksinya...tlg bantuannya ya dok..trima kasih sbelumnya

July 21, 2016 at 8:44 PM  
Blogger Unknown said...

Dokter saat ini ibu saya dirawat di rs kariadi tetapi dokter tidak melakukan penanganan untuk kasus pembengkakan di perut dan kaki
Karena ibu saya menderita kanker di colon yang sudah menyebar hingga hati.
Menurut dokter apa yang harus saya lakukan agar cairan dapat dikeluarkan
Apakah pemberian furosemid bisa mengurangi pembesaran
Apakah infus yang diberikan tetap diperlukan
Terima kasih
Mohon dengan sangat bantuan dan informasinya

April 14, 2017 at 3:38 PM  
Anonymous Nurul said...

Dok teman saya menderita penyakit asites tb, perutx bengkak, penyakitx mungkin sudah lama,memangx apa penyebab penyakit ini dan bagaimana cara mengatasinya???

Mohon dengan sangat penjelasannya

June 25, 2018 at 10:50 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home