Thursday, March 19, 2009

Perdarahan dari ANUS


Perdarahan dari anus dengan warna merah segar dinamakan hematochezia. Penyebab dari hematochezia ini adalah berasal dari saluran cerna bagian bawah. Nama penyakit yang mendasarinya adalah hemoroid (wasir), infeksi kuman seperti amuba, tifus, disentri yang berat, kanker usus besar, radang usus besar menahun oleh sebab penyakit autoimun (inflammatory bowel disease).
Pemeriksaan awal yang harus dilakukan adalah pemeriksaan tinja dan colok dubur. Pemeriksaan lanjutan yang perlu dilakukan adalah kolonoskopi. Perdarahan merah segar dari anus ini lebih sering pada usia lanjut dari pada usia yang lebih muda.
Pengobatan yang dilakukan adalah perbaikan keadaan umum, karena pada penderita ini keadaan badan agak lemas karena kekurangan darah dalam waktu yang lama. Pengobatan definitif disesuaikan dengan penyebabnya. Pada beberapa kasus dapat terjadi perdarahan yang banyak sehingga diperlukan tindakan bedah untuk mencari sumber perdarahan dan menghentikannya atau pada kasus yang tidak dapat dioperasi perlu tindakan radiologi intervensi untuk memberikan injeksi koagulasi pada fokus perdarahan.

23 Comments:

Anonymous Rudy said...

Dok,aku pengen tanya nih...
Kakakku punya wasir dan kalo di itung-itung udah menahun tuh nggak kunjung sembuh juga, segala macam obat dari dokter udah dicoba namun hasilnya tetep aja terjadi pendarahan waktu BAB, bahkan dia sampai bolos kerja karena kesakitan gitu.
Kemudian dokter menyarankan untuk dilakukan operasi tapi kakakku nggak mau entah karena alasan biaya atau apa aku juga nggak ngerti...
Yang ingin aku tanyakan Dok, kira-kira nggak apa-apa nih jika wasir dibiarkan gitu terus??
Apa efeknya jika tidak segera dilakukan operasi???
Thanks...

March 27, 2009 at 6:09 PM  
Blogger Dr.Imran Nito (INTERNIST) said...

akan kurang darah (anemia) bila dibiarkan terus

March 30, 2009 at 12:07 PM  
Anonymous Anonymous said...

dok saya mau tanya kenapa ya setiap buang air besar keluar darah segar berbarengan dengan tinja. darahnya menetes deras. ga da rasa sakit apa2 ketika BAB maupun setelahnya, knpa ya dok Mkasih jawabannya?

July 3, 2009 at 11:24 AM  
Anonymous Anonymous said...

Dok,
saya sdh hampir 2 minggu sering ngliyeng (rasanya muter@ gitu) ga kerasa sakit d titik tertentu, semua rasanya ringan trus pgn muntah, kata tmen sy itu gejala vertigo n sy dianjurkan minum mertigo. sy sdh minum mertigo 3 x. malam hr, pagi n siang bsoknya. tp hbs minum mertigo perut sy sebelah kiri sakit bgt ky ketusuk2, trus malamny sy ga minum krn takut sakit perut lg.
bsk pg pas BAB ada darah segar netes dr anus, lumayan bnyk ky lg mens..
aduh gmn dok? apa kira2 ada hubunganny dgn konsumsi mertigo itu?
makasii

Diah

June 25, 2010 at 4:32 PM  
Blogger daniel said...

maaf dok sy mau tya..
istri saya tgl 23 juli 2010 operasi appendix acute. tgl 30 juli istri saya positif hamil.
kira2 tgl. 03 agustus 2010 istri saya mengalami pendarahan dari anus saat buang air besar.
darah berwarna segar dan tidak terasa sakit.
riwayat penyakit keluarga istri yakni ambeien.
apakah sakit yang diderita istri saya dok...?
sementara istri saya beri Vermint ( lumbricus)..
terima kasih..dok

August 26, 2010 at 1:56 PM  
Blogger tantan said...

dokter, sy tantan 36th bandung
tolong dokter,…sudah 2 bulan saya bab berlendir, ada wasir dalam dan keluar waktu bab, perut kembung, selalu buang angin terus2an dan keluar lendir sebelum bab, sy udah ke dr bedah umum ktnya wasir dalam dikasi obat anadium dan anusol, kemudian sy beobat ke dr internis di cek darah dan fases normal, munurut dokter penyebab selalu buang angin dan keluar lendir sebelum bab itu, karna wasir atau bakteri?, obat yg saya minum sekarang radium, enziform, dam obat untuk perut kembung…,klo penyakit sy belum sembuh sebaiknya menurut dokter gmn, dokter yg harus sy datangi dokter apa? dokter bedah umum atau dokter internis, makasih dokter

November 16, 2010 at 10:09 AM  
Anonymous Anonymous said...

dok,,,aku masri umurku baru 26 tahun,,aku menanyakan kenapa tdi sore aku waktu buang air keluar darah melalui anus tpi tidak banyak dan tidak sakit,,,,mohon tanggapan dar dokter

April 24, 2012 at 7:34 PM  
Blogger ayo memasak said...

Dok, sy wanita berusia 47 thn, akhir2 ini sy sering mengalami pendarahan dari anus, meskipun tdk sedang buang air besar. Kadang sesang duduk atau ktk buang angin jg buang air kecil Darah segar mengalir dalam jumlah yg cukup banyak, awalnya tidak terasa sakit, namun beberapa hari ini perut terasa sakit sampai ke pinggang dan jg bagian belakang, perut terasa kaku, sehingga sulit untuk berjalan tegak. Padahal buang air besar saya normal, tidk keras. Apa yg harus saya lakukan dok?

May 8, 2012 at 6:24 AM  
Blogger putri arya said...

Dok, saya sering sekali BAB darah.. tapi bukan setetes-setetes,, melainkan mengalir seperti urin.. Tidak terasa sakit pada anus saya.. Jadi misalkan saya telat makan berkali-kali, saya makan pedas/asam,, perut saya perih sekali seperti ingin BAB.. Tapi tiba-tiba darah mengalir dari anus saya sampai mungkin kloset saya seperti lautan darah kala itu.. Ketika cek ke klinik, di sarankan ke dokter bedah tapi bu'le saya menyarankan ke spesialis penyakit dalam.. Saya alami ini dari SD.. Ketika itu hanya tetesan tapi lama-lama,, sedikit fesesnya bahkan tidak ada fesesnya, hanya darah saja.. Terakhir saya 5hari seperti itu.. Seharinya saya bisa 4-5x bolak balik kmar mandi hanya untuk mngeluarkan darah sampai saya lemas sekali rasanya.. Itu knpa ya dok ? terima kasih

December 9, 2012 at 11:10 PM  
Anonymous Anonymous said...

dok, saya mau nanya kmaren saya baru saja mengeluarkan lendir berdarah, saya juga kaget. Waktu itu saya ingin BAB kemudian saya tahan karena saya ada sesuatu yg saya kerjakan, kemudian saya ke kamar mandi dan di celana saya sudah ada lendir berdarah. Tapi tidak ada rasa sakit sama sekali dok. Kemudian terkadang di celana saya jg terdapat bercak coklat dok. Itu knp ya dok? terimakasih

February 13, 2013 at 8:02 PM  
Anonymous Anonymous said...

Sama kya aku nih gejalanya, itu wasir atau apa ya ? Soalnya kalau saya di iringi dengan rasa nyeri di dubur, saya butuh info nya jg, trims ya mbak

March 8, 2013 at 10:59 PM  
Blogger cuekisme tinggi said...

Dok , mau tanya teman saya sudah 2 kali BAB berdarah , darahnya segar tp gak kecampur sama fesesnya . Terus setelah BAB tubuhnya lemes .

March 16, 2013 at 6:45 PM  
Blogger fandi zis said...

banyak pertanyaan di abaikan

June 6, 2013 at 1:09 PM  
Anonymous Anonymous said...

Mana nih dokternya ga jawab???

July 6, 2013 at 12:57 PM  
Anonymous Anonymous said...

Nama saya faisal, umur 32 tahun.
Saya keluar darah segar saat BAB, sebelumnya saya menderita sakit pinggang selama sebulan, apakah ada hubungannya antara sakit pinggang dan keluar darah saat BAB itu dok?? kira2 saya sakit apa? dan apa saran dokter agar bisa mengatasi hal tersebut,
"Terima kasih

September 30, 2013 at 12:36 AM  
Anonymous Anonymous said...

Dok, saya mau nny, knapa y ortu saya pada saat ddk tb2 kluar darah ckp bnyk dr lubang anus nya pdhl selama ini saya blm prnh mendengar beliau mengeluh kl beliau prnh mengalami wasir. Mohon penjelasan n tindakan yg hrs d lakukan.
Terima kasih dok..

October 19, 2013 at 5:58 AM  
Blogger Muh.Manfaluti Lutfi said...

Dokternya kebingungan ditanya trus...!

December 14, 2013 at 11:53 PM  
Blogger youri butiq n jahit said...

pglaman dr ibu saya obat scra alami pake kunyit dibakar lalu kupas campur dgn daun sambang darah lalu rebus n minum.

December 21, 2013 at 1:30 AM  
Blogger youri butiq n jahit said...

pglaman dr ibu saya obat scra alami pake kunyit dibakar lalu kupas campur dgn daun sambang darah lalu rebus n minum.

December 21, 2013 at 1:31 AM  
Anonymous Anonymous said...

Dokternya pindah praktek yah??? Koq g jawab2 hehhehe.

January 3, 2014 at 4:57 AM  
Anonymous Anonymous said...

obatnya apa?

February 4, 2014 at 4:52 PM  
Blogger suswati indriyani said...

Dok saya mau tanya, tadi pagi saya BAB tp gakeluar soalnya fases nya keras saya cb paksain keluar tp malah perih terus saya basuh ternyata ditangan saya terdapay datah merah segar cair sm merah pekat kental gt terus setelah itu perut bagian kiri saya sakit, itu kenapa yaa dok?

May 26, 2014 at 10:08 PM  
Anonymous Anonymous said...

Dokternya ga jawab2, mungkin maksudnya: kl mau konsultasi datang ke tempat praktik dong alias BAYAR!
Haha.
Turut prihatin bagi yg sakit. Semoga cepat sembuh ya semua.

June 15, 2014 at 1:59 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home